Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Pendekatan Pedrosa dan Marquez, Terlihat Siapa yang Arogan

Kompas.com - 26/04/2023, 15:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dani Pedrosa dan Marc Marquez pernah menjadi rekan setim selama enam musim. Keduanya memiliki pendekatan yang berbeda dalam mengembangkan motor balap Honda RC213V.

Sebelum Marquez masuk ke MotoGP, Pedrosa merupakan pebalap pertama di tim Repsol Honda. Artinya, pengembangan motor balap akan mengikuti arahan dari dirinya.

"Setidaknya, di tim kami, HRC, seperti itu. Siapa yang paling cepat dialah nomor satu, orang yang memilih komponen dan yang sedikit menentukan arah," ujar Pedrosa, dikutip dari Crash.net, Rabu (26/4/2023).

Baca juga: Hanya Dani Pedrosa yang Masih Aktif di MotoGP

Pedrosa menambahkan, ketika dia yang memimpin arah pengembangan RC213V, dia selalu memikirkan tentang evolusi motor. Selain itu, dia juga tidak pernah memikirkan dirinya sendiri.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, menjajal sesi tes resmi MotoGP di Sirkuit Internasional Sepang pada 11 Februari 2023.AFP/MOHD RASFAN Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, menjajal sesi tes resmi MotoGP di Sirkuit Internasional Sepang pada 11 Februari 2023.

"Cara saya adalah selalu melakukan yang terbaik untuk tim, dan jika saya mendapatkan komponen terbaik untuk membuat motor terbaik, saya tidak memikirkan tentang rival saya yang ada di sebelah, tapi memikirkan Yamaha, Ducati, siapa pun yang menjadi rival, karena saya menanggap diri saya bagian dari merek Honda," katanya.

Pedrosa menambahkan, pendekatan tersebut berubah ketika Marquez yang memimpin dan menggunakan caranya sendiri. Bahkan, menurut Pedrosa, saat ada Casey Stoner, pengembangan motor juga tetap sama.

Marquez mengakui, ada ketegangan antara dirinya dengan Pedrosa. Sebelum Marquez menjadi juara dunia, semua mendengarkan dan fokus pada Pedrosa.

Baca juga: Masih Dipercaya Balapan, Dani Pedrosa Jadi Wildcard di Jerez

"Entah dari mana datanglah anak kecil, di tahun pertamanya setelah Moto2. Balapan pertama..boom! Balapan kedua, boom! Itu menjadi pil yang sulit ditelan," ujar Marquez.

Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Dani Pedrosa, bersiap di grid sebelum balapan GP Perancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (21/5/2017).MOTOGP.COM Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Dani Pedrosa, bersiap di grid sebelum balapan GP Perancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (21/5/2017).

"Kala itu, kami memiliki motor yang luar biasa dan semua berjalan dengan baik. Jadi, jika ada komponen pengganti yang berhasil di dirinya (Pedrosa), saya tidak menyukainya dan saya akan bilang, 'Ini tidak berhasil, saya mau yang itu'," kata Marquez.

"'Saya mau komponen pengganti itu, karena saya yang memimpin. Jangan beri dia yang itu.' Begitulah dulu," ujarnya.

Marquez mengatakan, dia sengaja menginginkan komponen yang digunakan Pedrosa, padahal dia sendiri tidak mau menggunakannya. Semua hanya karena agar Pedrosa tidak menggunakan komponen tersebut.

"Itu adalah trik yang semua orang gunakan. Orang-orang tidak membicarakannya," kata Marquez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com