Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Ampuh Mengusir Tikus di Mobil, Cukup Pakai Kapur Barus

Kompas.com - 25/04/2023, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus yang bersarang di mobil bisa menimbulkan banyak kerusakan di bagian kabel kelistrikan. Kendala macam ini cukup umum terjadi, khususnya ketika masa lebaran saat mobil dibawa ke kampung halaman.

Kerusakan di bagian kabel juga cukup fatal dan tidak bisa disepelekan. Pada kasus paling parah, mobil bisa mengalami korsleting dan harus dilakukan servis penggantian kabel total yang sangat memakan biaya.

Untuk mencegah kerusakan yang tidak diinginkan, ada tips mudah dan efektif untuk menjauhkan tikus dari mobil yang bisa dilakukan pemilik kendaraan.

Noval Al-Hudah, Teknisi Mitsubishi Prabu Pendawa Motor mengatakan, ruang lembab dan berbau adalah habitat yang sangat digemari tikus. Jadi langkah utama yang harus dilakukan pengemudi adalah menyingkirkan hal-hal tersebut.

Baca juga: Pahami Payload Capacity agar Mobil Tak Kelebihan Muatan

Ilustrasi kapur barus, kamper. SHUTTERSTOCK/MASHKA Ilustrasi kapur barus, kamper.

“Pengguna bisa memakai kamper (kapur barus) untuk menghilangkan kelembapan. Tikus juga tidak suka aroma dari kamper,” kata dia kepada Kompas.com, Senin (24/4/2023).

Noval melanjutkan, tips ini adalah tips andalan yang selalu dibagikan para mekanik kepada konsumen yang hendak berangkat mudik lebaran.

“Kendala kabel putus digigit tikus saat mudik itu memang cukup sering terjadi, karena itulah kami (mekanik) memberikan tips semacam lifehack seperti ini untuk membantu konsumen,” ujarnya.

Untuk menggunakan metode ini, pengguna cukup menyiapkan beberapa kain seperti kaus kaki bekas yang diisi kamper dan disebar di beberapa titik di bagian engine bay mobil.

Baca juga: Strategi Polda Metro Hadapi Puncak Arus Balik

Mesin mobil DFSK Glory i-AutoDOK. DFSK Mesin mobil DFSK Glory i-Auto

Titik yang harus diperhatikan adalah bagian dekat fuse box atau kotak sekring. Menurut noval, fuse box adalah bagian yang paling sering rusak akibat tikus.

“Kalau kamper sudah disebar, besar kemungkinan tikus menjauhi mobil. Cara ini terbilang efektif sekali, bisa juga dicoba bahkan setelah mudik supaya kabel mobil tetap aman,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com