Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update, Buka Tutup Contraflow Diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 23/04/2023, 13:17 WIB
Stanly Ravel

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Atas diskresi kepolisian, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) kembali memberlakukan sistem buka tutup contraflow dari Km 47 sampai Km 61 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek.

Sistem contraflow buka tutup dilakukan secara situasional sejak pukul 10.00 WIB dengan tujuan mengurai kepadatan kendaraan jelang rest area Km 57 A yang mengarah ke Cikampek dari Jakarta.

PT JTT saat ini juga sudah mengoptimalkan pelayanan transaksi di Gerbang Tol Cikampek Utama sebagai langkah mengantisipasi kepadatan yang bisa terjadi.

Baca juga: Bertambah, 1,3 Juta Kendaraan Keluar Jabotabek hingga H-1 Lebaran

Buka tutup contraflow secara situasional di Tol Jakarta-Cikampek. 
Jasa Marga Buka tutup contraflow secara situasional di Tol Jakarta-Cikampek.

"Kami mengoperasikan total 18 gardu tol dari kondisi normal 15 gardu tol, dan penyiagaan tambahan 17 unit mobile reader untuk meningkatkan kapasitas transaksi," tulis Ria Marlinda Paallo, VP. Corporate Secretary and Legal PT JTT dalam keterangan resminya, Minggu (23/4/2023).

Selain itu, diimbau pengguna Jalan Tol Trans-Jawa untuk mempersiapkan segala sesuatunya sebelum memulai perjalanan, dari kendaraan, saldo uang elektronik, pengisian bahan bakar, serta mengikuti rambu dan arahan petugas.

Pada Lebaran hari pertama, contraflow juga diberlakukan di lokasi yang sama. Namun setelah ramai lancar, akhirnya ditutup pada pukul 21.09 WIB.

Baca juga: Ramai Lancar, Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek Dihentikan

One way GT Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek (Japek).Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. One way GT Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

"Pengguna jalan tol juga dapat memperbarui informasi perjalanan dengan mengunduh aplikasi Travoy 4.1 serta hubungi One Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor 14080 untuk mendapatkan informasi lalu lintas terkini," ujar Ria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com