Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Ditinggal Mudik, Sebaiknya Tangki BBM Penuh atau Kosong?

Kompas.com - 19/04/2023, 06:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Buat calon pemudik yang meninggalkan sepeda motor di rumah, ada beberapa hal yang harus dilakukan para pemilik.

Tujuannya agar saat kembali pulang setelah mudik, sepeda motor kesayangannya tidak bermasalah karena ditinggal terlalu lama.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah tangki BBM motor. Saat ditinggal mudik, tangki BBM sebaiknya dikosongkan atau diisi penuh?

Baca juga: One Way Tol Cipali, Khusus buat Pemudik Tujuan Semarang dan Seterusnya

Tangki bensin motorStanly/Otomania Tangki bensin motor

Ada anggapan bahwa tangki BBM yang kosong bisa menimalisir sejumlah insiden. Namun, kondisi tersebut justru bisa menyebabkan karat.

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, mengatakan, tangki bahan bakar sepeda motor perlu dikosongkan demi pertimbangan keamanan

“Sebaiknya kalau ditinggal lama dikosongkan,” ucap Rendra kepada Kompas.com (18/4/2023).

Baca juga: Dibuka Fungsional, Catat Jam Operasional Tol Cisumdawu

Sementara itu, Dennil Sagita, founder Scooter VIP, bengkel spesialis Vespa matik, mengatakan, sebaiknya tangki bahan bakar tidak dikosongkan seluruhnya.

“Minimal sisakan setengah liter dari kapasitas full. Karena mudik paling ditinggal cuma beberapa hari. Jangan kosong banget karena nanti efeknya ke fuel pump, takut ngadat,” ucap Dennil, kepada Kompas.com (18/4/2023).

“Terus area ruang kosong malah bisa mengembun. Kondensasi salah satu faktor penyebab karat. Karena uap berubah jadi air. Selain itu, kalau kosong banget nanti bingung saat isi ke pom bensin,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com