Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Performa Honda Vario 160 Vs Yamaha Grand Filano

Kompas.com - 17/04/2023, 18:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai membahas desain, fitur, kepraktisan, hingga rasa berkendara skutik perkotaan Honda Vario 160 dan Yamaha Grand Filano, kini giliran kita kupas dapur pacu masing-masing motor.

Meskipun secara harga keduanya terbilang mepet, tapi harus diakui Vario 160 memberikan mesin yang lebih bertenaga.

Berdasarkan spesifikasi, Vario 160 mengusung mesin 160 cc 4 katup eSP+, berpendingin cairan, menghasilkan tenaga 11,3 kW atau setara 15,1 Tk pada 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

Baca juga: Video Viral, Pengendara Motor Dikejar Polisi di Jalan Tol

Honda Vario 160KOMPAS.com/Adityo Wisnu Honda Vario 160

Secara teknologi mesin Vario 160 dan PCX 160 sama, perbedaannya terletak di bagian CVT dan sistem injeksinya.

Namun demikian, akselerasi Vario 160 diklaim lebih responsif ketimbang PCX 160 karena disesuaikan dengan karakter motor yang dipakai buat kondisi stop and go.

Selain akselerasi pengendalian pun terasa lebih mudah. Salah satu faktor tersebut ditunjang dari sasis baru yang dipakai.

Baca juga: Hasil MotoGP Amerika 2023; Rins Bawa Honda Juara, 9 Pebalap Kecelakaan

Pada Vario 160 sudah memakai konstruksi enhanced Smart Architecture Frame (eSAF). Rangka ini sebelumnya dipakai di Honda Genio dan juga Scoopy. Keunggulannya ialah bobot rangka lebih tingan tapi juga lebih kaku.

Handling yang mudah salah satunya ditunjang ban tubeless depan ukuran 100/80-14 dan belakang 120/70-14.

Ban lebih lebar memang bukan alasan motor jadi enak diajak rebah, atau pengendara jadi ugal-ugalan di belokan. Tapi setidaknya membuat lebih percaya diri di atas motor.

Baca juga: Rem Mobil Blong, Begini Cara Pakai Jalur Penyelamat di Jalan Tol

Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected resmi meluncur di Indonesia KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected resmi meluncur di Indonesia

Sementara itu, Grand Filano mengusung mesin Blue Core 125 cc hybrid yang sama dengan Fazzio. Mesin 1 silinder 124,9 cc SOHC 2 katup injeksi berpendingin udara.

Tenaganya hanya 8,2 Tk di 6.500 rpm dengan torsi 10,4 Nm di 5.000 rpm. Menariknya mesin ini selain dilengkapi advance SMG (Smart Motor Generator) juga ada one push start.

Dan tentunya ada electric power assist start. Ketika aktif, akan membantu meningkatkan torsi saat awal akselerasi selama 3 detik. Yamaha mengklaim ada tambahan torsi sebesar 7 persen ketika sistem aktif.

Baca juga: Pemudik Jangan Tidur di Dalam Mobil yang Berhenti dengan Mesin dan AC Menyala

Honda Vario 160Foto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Honda Vario 160

Menurut Yamaha, sistem ini aktif ketika tegangan baterai ada di rentang 11-12,4 V. Di bawah 11 Volt sistem akan tidak berfungsi dan ada proses charging terlebih dahulu.

Di atas kertas, tenaga Grand Filano jelas lebih kecil dibandingkan Vario 160. Tapi performanya terasa cukup di putaran bawah, sejak bukaan gas pertama.

Penyaluran tenaga terasa linear sampai ke putaran mesin menengah. Meski harus diakui agak kehabisan nafas di putaran tinggi.

Baca juga: Adiputro Luncurkan Bus Baru Milik PO BR Queen

Meski begitu, karakter tenaga seperti ini malah lebih enak untuk dipakai stop and go di lalu lintas perkotaan yang padat.

Secara umum, karakter Grand Filano memang lebih asyik dipakai buat riding santai ketimbang kebut-kebutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com