Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Akan Rilis Mobil Hybrid Tahun Ini, Diduga XL7

Kompas.com - 15/04/2023, 15:46 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan menambah jajaran model dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Setelah All New Ertiga, diduga selanjutnya giliran XL7.

Direktur Pemasaran PT SIS Donny Saputra, mengatakan, Suzuki memandang teknologi SHVS sebagai langkah awal untuk memperkenalkan teknologi elektrifikasi kepada konsumen yang lebih masif.

Baca juga: Alasan Suzuki Enggan Buka Posko Siaga untuk Pemudik

"Dengan keterjangkauan harga, dengan tingkat kesulitan dan perawatan, dan tingkat adaptasi terhadap produk, yang menurut kami adalah tahap pertama dari perkenalan mobil listrik," ujar Donny, saat ditemui di Jakarta, Jumat (15/4/2023).

Suzuki Ertiga HybridKOMPAS.com/Ruly Suzuki Ertiga Hybrid

Jika dilihat dari aspek tersebut, menurut Donny, memang tidak hanya kepada All New Ertiga dan Grand Vitara saja. Rencananya, di tahun ini Suzuki juga akan memperkenalkan produk hybrid yang lain.

"Modelnya apa dan kapan, tunggu saja informasi lebih lanjut dari kami," kata Donny.

"Kami memiliki fokusk untuk menjual produk yang diproduksi di sini. Jadi, itu merupakan salah satu petunjuk," ujarnya.

Baca juga: Siapkan 65 Bengkel Siaga, Suzuki Jamin Ketersediaan Suku Cadang

Donny menambahkan, produk lain yang akan disematkan teknologi mild hybrid tersebut adalah yang memiliki keterjangkauan harga yang sama, yaitu segmen pembeli mobil pertama atau first car buyer.

Suzuki Smart HybridSIS Suzuki Smart Hybrid

Sehingga, diduga kuat model selanjutnya yang akan dielektrifikasi adalah XL7. SUV tujuh penumpang tersebut sudah diproduksi secara lokal dan harganya ada di bawah Rp 300 juta.

"Saat ini, kalau bicara full electric kan lebih ke arah additional car buyer. Kami inginnya teknologi elektrifikasi ini justru di porsi yang lebih besarnya, di first car buyer," kata Donny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com