Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Selamatkan Yamaha dari Keterpurukan

Kompas.com - 08/04/2023, 11:32 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

Sumber Crash

JAKARTA, KOMPAS.com - Kisah Valentino Rossi selalu menarik untuk dibahas. Rossi adalah sosok yang mendongkrak Yamaha pada 2004 setelah pindah dari Honda. Membawa Yamaha ke puncak setelah absen gelar 12 tahun.

Rossi merupakan pebalap pertama sejak Eddie Lawson di kelas utama yang memenangkan kejuaraan berturut-turut dengan motor berbeda.

Baca juga: Daftar Benda yang Wajib Ada di Bagasi Mobil Saat Pergi Mudik

Carlos Checa adalah rekan setim pertama Rossi di Yamaha. Checa sering kali dilupakan dalam karier Rossi, berbeda dengan Jorge Lorenzo yang merupakan rival berat Rossi dan tiga kali "mencuri" gelar bersama Yamaha.

Valentino Rossi memimpin MotoGP Italia 2008 di depan Casey Stoner dan Dani Pedrosa pada balapan yang bergulir di Sirkuit Mugello, 1 Juni 2008. Kemenangan ini menjadi yang terakhir di MotoGP Italia bagi The Doctor.AFP/ANDREAS SOLARO Valentino Rossi memimpin MotoGP Italia 2008 di depan Casey Stoner dan Dani Pedrosa pada balapan yang bergulir di Sirkuit Mugello, 1 Juni 2008. Kemenangan ini menjadi yang terakhir di MotoGP Italia bagi The Doctor.

Checa, yang berada di urutan ketujuh pada 2004 saat Rossi merebut gelar, mengakui terkejut bahwa pebalap asal Italia itu sanggup membawa motor Yamaha dari ketidakjelasan menjadi kejayaan.

"Kami tidak percaya Valentino mampu menang dengan Yamaha, dan dia melakukannya," ungkap Checa dilansir dari Crash.net, Sabtu (8/4/2023).

Di sisi lain Checa menyadari bahwa Rossi hadir dengan bakat alam yang luar biasa. Ditambah saat itu bisa disebut merupakan masa keemasan Rossi di dunia balap motor.

Baca juga: Strategi Toyota Luncurkan 10 Mobil Listrik Murni pada 2026

Charlos Checa dan Valentino Rossi Charlos Checa dan Valentino Rossi

"Bagi saya itu juga pelajaran karena saya pikir kami tertidur sebentar ketika kami menemukan batasan pada motor. Valentino tiba dengan energi di momen terbaiknya," ujar Rossi.

Kini Rossi bahkan setelah pensiun dari MotoGP Rossi masih identik dengan Yamaha. Besarnya risiko yang diambil dulu saat meninggalkan Honda kini sudah terbayar.

"Saya percaya itu adalah balas dendam untuknya: 'Apakah menurut Anda saya menang karena saya memiliki Honda?. Yamaha juga banyak bekerja. Dia memulai perubahan drastis," kata Checa.

Baca juga: Kelebihan Mercedes-Benz Axor Euro4 Dibanding Truk Lain

Carlos Checa merayakan kemenangan dan tersenyum pada akhir Superpole selama kualifikasi selama putaran pertama dari Superbike FIM World Championship 2013 di Sirkuit Grand Prix Phillip Island, Australia Carlos Checa merayakan kemenangan dan tersenyum pada akhir Superpole selama kualifikasi selama putaran pertama dari Superbike FIM World Championship 2013 di Sirkuit Grand Prix Phillip Island, Australia

Meski karienya tidak semoncer Rossi, Checa bangga dengan peran kecil yang dipegangnya dalam daftar panjang kesuksesan Rossi.

Sebagai rekan setimnya di garasi yang sama selama satu tahun, Checa membantu mengembangkan motor yang dibawa Rossi.

“Kami banyak bekerja dengan motor, saya pikir kami melakukan pekerjaan yang luar biasa dengan Yamaha, tetapi kepuasannya adalah tahun berikutnya mereka membuat motor baru dan harus kembali ke motor lama, yang kami tinggalkan,” kata Checa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com