Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok Long Weekend, Polres Bogor Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Kompas.com - 06/04/2023, 13:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satlantas Polresta Bogor Kota telah mempersiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas pada momen long weekend atau libur panjang wafatnya Isa Almasih pada Jumat (7/4/2023).

Kapolresta Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso mengatakan, Satlantas Polresta Bogor Kota menyiagakan 87 personel untuk pengamanan saat long weekend.

Tak hanya itu, pihaknya juga telah mempersiapkan pusat pengamanan pada long weekend adalah jalur-jalur wisata dan pusat kuliner yang menjadi tujuan masyarakat.

Baca juga: Merek Jepang Punya Skutik Klasik, Vespa Indonesia Siap Kompetisi

“Seperti Kebun Raya Bogor, wisata kuliner Pajajaran, hingga jalur alternatif menuju Sukabumi via Bogor Selatan,” ujar Bismo, dikutip dari Korlantas Polri, Kamis (6/4/2023).

Anggota Satlantas Polres Bogor sedang bertugas mengatur lalu lintas arah Jakart sekitar pukul 16.30 WIB di Jalam Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, Senin (25/5/2020)KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Anggota Satlantas Polres Bogor sedang bertugas mengatur lalu lintas arah Jakart sekitar pukul 16.30 WIB di Jalam Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, Senin (25/5/2020)

Bismo menyebutkan, para personel tersebut akan disiagakan di titik-titik rawan kepadatan lalu lintas. Pihaknya juga akan melakukan rekayasa lalu lintas terbatas jika terjadi peningkatan volume kendaraan.

“Peningkatan arus masuk ke Kota Bogor diprediksi terjadi pada pukul 10.00 WIB hingga 13.00 WIB dan keluar Kota Bogor dimulai pukul 15.30 WIB,” kata Bismo.

Baca juga: Pengemudi Wajib Terapkan Teknik Defensive Driving Saat Berkendara

Adapun untuk rekayasa terbatas yang disiapkan adalah pengalihan arus di jalan arteri ataupun akses melalui tol. Namun, rekayasa ini masih bersifat situasional tergantung kondisi arus lalu lintas di lapangan.

“Indikatornya kami akan pantau melalui CCTV, bendera batas pantauan ekor antrean hingga pantauan melalui laporan masyarakat,” ucap Bismo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com