Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengecek Jalan Tol Jabodetabek buat Melihat Kondisi Aspal

Kompas.com - 13/03/2023, 13:17 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Menanggapi kabar permintaan maaf yang disampaikan Jasa Marga terkait lubang di jalan tol Jakarta-Cikampek pada akun media sosial pada 26 Februari 2023, Kompas.com mencoba melihat langsung kondisi terkini.

Kompas.com menjajal sejumlah ruas jalan tol untuk melihat kondisi jalan tol terkini, mulai dari Jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta, Tol Jagorawi, Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), dan Tol Pantai Indah Kapuk (PIK).

Baca juga: Jangan Abai, Ini Ciri Ban Mobil yang Sudah Membutuhkan Balancing

Tes jalan ini dilakukan pada Minggu (12/3/2023) dari pukul 08.30 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Kondisi jalan ramai lancar, tes dilakukan dengan kecepatan sedang dan mayoritas berada di lajur tengah.

Jalan Tol Dalam Kota.Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Jalan Tol Dalam Kota.

Kesimpulan Kompas.com saat melewati Jalan Tol Lingkar Dalam ke arah Tanjung Priok cukup banyak lubang di bagian sambungan jembatan yang membuat perjalanan kurang nyaman.

Kemudian dari Pluit jalan baru diaspal belum ada marka jalan. Ada juga jalan rusak saat mau masuk pintu masuk tol Dalkot ke arah Grogol dari Ancol.

Kemudian masuk Tol Jagorawi, arah Jakarta-Bogor. Kondisi aspal relatif mulus, hanya sambungan jembatan dan tambalan jalan bolong-bolong di dua jalur sebelah kiri saat mendekat GT Cibubur.

Lanjut ke Tol JORR arah Jakarta ke BSD, mayoritas jalanan bolong di sebelah kiri yang sering dilewati truk atau kendaraan bertonase besar. Di KM 27 sambungan jalan bolong di atas jembatan Tanjung Barat.

Tes Nissan Magnite keliling sejumlah ruas tol di Jakarta.Foto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Tes Nissan Magnite keliling sejumlah ruas tol di Jakarta.

Kemudian di KM 22 daerah Cilandak melewati flyover Fatmawati yang jelek. Ada juga beberapa tambalan di KM 18 dan KM 17 di bagian kiri dan tengah lajur.

Pun sama dengan sebaliknya, terdapat beberapa lobang dan jalan jelek tambalan di KM 21, KM 33, KM 37, KM 39 dan KM 42 dari arah BSD ke Bekasi.

Adapun untuk Tol PIK relatif bagus dan jalan mulus. Ada beberapa lubang yang terlihat tapi relatif sedikit hanya di Pintu Tol Joglo 4 serta beberapa tambalan jalan yang biasa dilewati truk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com