Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Dijual, Esemka Bima EV Sudah Lolos Uji Tipe

Kompas.com - 06/03/2023, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemunculan mobil Esemka garapan PT Solo Manufaktur Kreasi di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, cukup mencuri perhatian.

Apalagi dengan membawa Bima EV, mobil listrik yang bermain di segmen niaga ringan dalam dua pilihan, yakni van dan kargo.

Menariknya, kehadiran Bima EV dalam pameran tak sekadar menjadi gimik, tapi sudah berstatus dipasarkan. Artinya, mobil ini telah melewati proses pengujian oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca juga: Update Harga MPV Murah per Maret 2023, Xpander Naik Tipis

Sabar Budhi, Direktur Opersional PT Solo Manufaktur Kreasi mengatakan, Esemka Bima EV sudah lolos homologasi serta uji tipe yang prosesnya sudah dilakukan dari akhir 2022 lalu.

Esemka Bima di IIMS 2023KOMPAS.com/STANLY RAVEL Esemka Bima di IIMS 2023

"Kami sudah pasarkan di IIMS, artinya sudah dapat Sertifikat Uji Tipe (SUT) dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) kendaraan. Prosesnya itu sudah dari menjelang akhir tahun lalu Esemka lakukan," ucap Sabar ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (5/3/2023).

Menurut Sabar, uji tipe Esemka Bima EV telah dilakukan di Kemenhub antara November dan Desember 2022. Sementara untuk sertifikatnya diperoleh pada awal 2023.

"Esemka Bima EV itu sudah kami jual, untuk yang Cargo Rp 530 juta, dan model penumpangnya itu Rp 540 juta," kata Sabar.

Baca juga: Moge Adu Banteng dengan Bus, Ingat Menyalip Tidak Bisa Sembarangan

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya menjelaskan, selama pameran IIMS Esemka mengantongi puluhan unit pemesanan yang diantaranya terdiri dari unit Bima EV.

Namun khusus pemesanan Bima EV, waktu tunggunya berbeda dengan model konvensional. Konsumen harus sedikit bersabar untuk mendapatkan unitnya.

"Untuk Bima yang biasa itu paling tiga sampai empat minggu. Tapi khusus yang EV, kurang lebih tiga sampai empat bulan dari waktu konsumen melakukan pemesanan," ucap Eddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com