Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

350 Marshal WNI Disiapkan Kawal WSBK Mandalika Akhir Pekan Ini

Kompas.com - 02/03/2023, 07:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sukses menjadi tuan rumah ajang balap motor World Super Bike (WSBK) 2021 dan 2022, Mandalika kembali digunakan sebagai sirkuit WSBK 2023.

Ajang balap motor dengan kubikasi mesin 750 cc hingga 1200 cc itu akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada tanggal 3 sampai 5 Maret 2023.

Demi menunjang suksesi acara tersebut, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dengan dibantu Ikatan Motor Indonesia (IMI) telah menyiapkan ratusan marshal, atau petugas pembantu yang menjaga titik-titik vital sirkuit.

“Totalnya, kami sudah merekrut sebanyak 350 marshal, nanti yang diterjunkan di WSBK Mandalika sekitar 280 sampai 300 orang,“ Kata Eddy Saputra, Komite PP IMI kepada Kompas.com, Rabu (1/3/2023).

Baca juga: Usai Kecelakaan Sebaiknya Motor Dicek ke Bengkel

Pebalap Pata Yamaha With Brixx WorldSBK, Toprak Razgatlioglu, memacu kecepatan pada Superpole World Superbike 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/11/2022). Pebalap Turki tersebut start terdepan pada Race 1 WSBK Mandalika 2022. Terkini, Toprak berhasil menang pada balapan pertama WSBK Mandalika 2022. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/hp.ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari Pebalap Pata Yamaha With Brixx WorldSBK, Toprak Razgatlioglu, memacu kecepatan pada Superpole World Superbike 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/11/2022). Pebalap Turki tersebut start terdepan pada Race 1 WSBK Mandalika 2022. Terkini, Toprak berhasil menang pada balapan pertama WSBK Mandalika 2022. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/hp.

Menurut Eddy, IMI sengaja memperbanyak jumlah Marshal demi keamanan ekstra karena model sirkuit Mandalika berbeda dengan sirkuit-sirkuit lainnya, seperti Sentul.

“Memang sengaja kami siapkan banyak (Marshal), karena run-off dan model sirkuit di mandalika itu panjang, jadi kami tambah jumlah posnya. Berbeda dengan Sentul yang mungkin hanya ada 1 pos di tiap tikungan, kalau di Mandalika bisa 5 sampai 6 pos di tiap tikungan,” ujarnya.

Ada yang unik pada gelaran WSBK Mandalika tahun ini, dimana 100 persen marshal yang diterjunkan adalah putra daerah Lombok.

Pada gelaran WSBK Mandalika di tahun-tahun sebelumnya, sebagian besar marshal masih berasal dari luar daerah, bahkan luar negeri.

Baca juga: Jadwal WSBK Mandalika 2023, Dominasi Alvaro Bautista Berlanjut?

Sirkuit Mandalika.Shutterstock Sirkuit Mandalika.

“Pada awal WSBK Mandalika (tahun 2021), pihak penyelenggara belum melibatkan PP IMI dan sempat terkendala urusan persiapan. Akhirnya didatangkanlah tim marshal dari Malaysia“ kata Eddy.

"Seiring berjalannya waktu, setelah IMI sudah mulai terlibat, kami bisa mengurangi persentase marshal dari luar sampai akhirnya, marshal kita 100 persen masyarakat Indonesia, bahkan penduduk lokal Lombok dan sekitarnya," ujarnya.

Sirkuit mandalika akan menjadi gelaran kedua dari WSBK 2023 yang diikuti oleh 23 pebalap dari 15 tim. Klasemen puncak saat ini dipegang oleh Alvaro Bautista dari Aruba.it Ducati.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com