Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2023, 19:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu penyakit yang umum terjadi pada mobil matik adalah tidak mau jalan atau matik transmisi delay. Begitu tuas dipindahkan ke posisi D, seharusnya mobil melaju tapi jika bermasalah, akan tetap berhenti.

Peristiwa tersebut bisa disebabkan oleh kurangnya tekanan oli pada matik, sehingga kopling tidak dapat merapat dengan sempurna. Alhasil, mobil tetap tidak mau jalan meski tuas matik sudah di posisi D.

Kurangnya tekanan oli ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya tersumbatnya saluran oli sehingga tekanan oli untuk menekan kopling menjadi kurang. Apakah dengan melakukan flushing oli matik penyakit bisa sembuh?

Baca juga: Perdebatan Mobil Matik di Lampu Merah, Posisi Tuas di N atau D?

Flushing oli matikKompas.com Flushing oli matik

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan pada kasus tertentu bisa saja dengan melakukan flushing oli matik, mobil yang tadinya tidak mau jalan menjadi bisa jalan.

“Itu bisa terjadi pada mobil matik yang mengalami gejala delay ringan, jadi kampas kopling dan seal AT masih bagus, dengan kata lain belum lama terjadinya delay, itu bisa sembuh dengan melakukan flushing oli matik,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Rabu (1/3/2023).

Dia mengatakan proses flushing oli matik sama saja mengganti oli matik atau ATF lama dengan yang baru, jika berkurangnya tekanan oli ini disebabkan oleh sumbatan yang ringan maka itu bisa terurai ketika terkena oli baru.

Baca juga: Sekian Harga Kuras Oli Transmisi Mobil Matik

Mesin ATF Changer untuk flushing transmisi mobil matikKOMPAS.com/daafa Mesin ATF Changer untuk flushing transmisi mobil matik

“Ada beberapa kali kasus seperti itu, jadi matik menjadi tidak delay lagi setelah dilakukan flushing oli matik, logikanya kotoran yang belum menumpuk parah bisa terkikis dengan aliran oli yang baru,” ucap Hardi.

Maka dari itu, penting sekali bagi pengguna mobil matik untuk peka, sehingga ketika sudah ada gejala delay walau masih kecil, segera untuk melakukan flushing oli matik atau ganti oli matik.

“Jika dibiarkan lama, maka delay tersebut akan membuat matik rusak semakin parah, yang awalnya bisa sembuh dengan flushing oli matik, ini sudah tidak bisa tertolong karena delay tersebut sama saja membuat kampas matik selip, itu akan membuatnya cepat aus,” ucap Hardi.

Baca juga: Berapa Hitungan Kilometer Mobil Matik Perlu Flushing Oli?

Tombol Shift Lock pada mobil matik gunanya memindahkan posisi 
tuas gigi saat mesin mobil matiDicky Aditya Wijaya Tombol Shift Lock pada mobil matik gunanya memindahkan posisi tuas gigi saat mesin mobil mati

Kampas matik yang sudah aus, tentu saja akan membuat matik delay permanen jika tidak diganti kampas matiknya.

Jadi, bila delay pada mobil matik ini masih ringan, maka ada kemungkinan akan sembuh dengan melakukan flushing oli matik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com