Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main Remote Control Adventure di IIMS 2023, Biaya Modifikasinya Seharga Honda Beat

Kompas.com - 19/02/2023, 16:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 bukan cuma jadi pameran mobil dan motor saja, tapi juga jadi tempat kumpul pehobi remote control (RC) Adventure.

Pada hall B3, dekat dengan indoor foodcourt ada arena khusus yang diisi dengan trek RC Adventure yang menantang. Para pehobi RC pun berkumpul untuk mengikuti kompetisi atau sekadar bermain saja.

Sigid Murdarajat, salah satu pehobi RC Adventure yang datang ke area Indoor Entertainment membawa RC jagoannya yang sudah mengikuti berbagai kompetisi, dari Kerjuda sampai event regional se-Asia.

Baca juga: Motor Balap Honda RC213V Marc Marquez Mejeng di IIMS 2023

RC Adventure spek balap milik Sigid yang dibawa ke IIMS 2023KOMPAS.com/ADITYO WISNU RC Adventure spek balap milik Sigid yang dibawa ke IIMS 2023

"Untuk membangun RC ini tidaklah gampang, banyak biaaya dan modifikasi karena ini spek untuk balap (kompetisi)," kata Sigid kepada Kompas.com di IIMS 2023, Minggu (19/2/2023).

Kalau dilihat dari RC miliknya, Sigid mengganti hampir semua komponen yang ada, jadi sudah tidak ada yang standar. Paling bagian yang dipertahankan dari awal tinggal bodinya saja.

"Awal mulanya beli mobil saja, harganya waktu itu Rp 1,5 juta. Sampai tahap spek racing, semuanya diganti, tidak ada yang tersisa," ucap Sigid.

Baca juga: Semakin Canggih, Motor Listrik Quest Atom II Meluncur di IIMS 2023

RC Adventure spek balap milik Sigid yang dibawa ke IIMS 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI RC Adventure spek balap milik Sigid yang dibawa ke IIMS 2023

Ketika dibuka bagian bodinya, sudah tidak ada lagi yang standar atau terbuat dari plastik. Semua bagiannya sudah diganti dengan model heavy duty berbahan aluminium dan sudah water proof.

"Pertama ganti sasis, lalu elektronik, pelek dan ban dan link-linknya, lalu ganti servo. Aslinya (bawaannya) itu plastik, kita ganti besi dan aluminium," ucap Sigid.

Komponen terakhir yang diganti adalah sistem elektroniknya atau Electronic Speed Control (ESC). Bagian tersebut yang bisa menentukan speed dari mobilnya, sedangkan baterai itu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

"Kita enggak lihat biayanya, pertama kita ganti remot yang lumayan, ini harganya Rp 4 jutaan. Semua modifikasi sampai spek balap seperti ini sekitar Rp 15 juta," kata Sigid.

Lebih rinci, komponen seperti sasis sudah diganti dengan bahan carbon yang ringan dan kuat. Lalu, harga baterai saja mulai Rp 500.000 sampai Rp 1 jutaan, begitu juga untuk ESC bisa dibanderol Rp 2,5 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com