Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Gesits Raya Paling Murah Inden 3 Bulan

Kompas.com - 18/02/2023, 10:22 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor listrik baru Gesits, yaitu Gesits Raya resmi meluncur di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Sosok motor listrik dengan setang telanjang itu akhirnya muncul di publik.

Sosok Gesits Raya sebelumnya sudah ramai bertebaran di media sosial. Salah satunya lewat unggahan dari dealer Gesits Bintaro di Instagram sejak akhir tahun lalu atau pada Desember 2022.

Baca juga: Bima EV Mirip SWM LX30 EV, Esemka Akui Kerja Sama dengan Shineray

Direktur Utama WIMA selaku manufaktur Gesits, Bernardi Djumiril, mengatakan sosok Gesits Raya memang sudah muncul media sosial sejak akhir tahun lalu, tapi yang diungkap ialah Raya tipe G.

Motor Listrik Gesits di IIMS 2023KOMPAS.com - Dio Motor Listrik Gesits di IIMS 2023

Untuk diketahui Gesits Raya meluncur dalam dua tipe yaitu Raya G dan Raya E. Perbedaan keduanya cuma kapasitas baterai dan jarak tempuh.

"Kalau yang pasti untuk Raya sudah (meluncur di IIMS). (Gesits) Raya ada dua ada yang E dan G. (Yang ramai di medsos) itu yang G, justru yang long range," kata Bernardi saat peluncuran di JIExpo, Jumat (17/2/2023).

Bernardi mengatakan, saat ini Raya G sudah dapat dipesan dan unitnya sudah ada. Namun untuk ketersediaan unit Raya E masih butuh waktu alias inden dua sampai tiga bulan lagi.

Gesits Raya-GKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Gesits Raya-G

"Kalau yang (Raya) G sudah siap meluncur (di IIMS 2023) tapi yang (Raya) E dua sampai tiga bulan lagi," kata Bernardi.

"Saya rasa semua proses untuk launching perlu hati-hati, keamanan, ketahanan baterai, untuk memastikan semua aman dan lancar," kata dia.

Baca juga: Menghabiskan Akhir Pekan ke IIMS 2023, Cek Jadwal Shuttle Bus Gratis

Di atas kertas, Gesits Raya mengusung motor sinkron magnet permanen berdaya 3.300 watt pada 3.600 rpm. Dinamo itu mampu menghasilkan tenaga 5 Tk pada 3.600 watt dan torsi 26 Nm.

Gesits RayaFoto: Tangkapan layar Gesits Raya

Catu daya disokong baterai Li-NCM 72 Volt Ah. Bedanya jarak tempuh Raya E hanya 40 km dengan lama isi baterai dari kondisi kosong dua jam. Sedangkan Raya G mencapai 60 km dengan lama charging tiga jam.

Gesits Raya E dibanderol Rp 24,9 juta sedangkan Raya G dibanderol Rp 27,9 juta. Keduanya harga on the road (OTR) Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com