Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Minicab MiEV Bakal Jadi Mobil Listrik buat Angkut Barang

Kompas.com - 17/02/2023, 17:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan listrik niaga Mitsubishi Minicab MiEV akan mulai diproduksi dan dipasarkan pada 2024. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berencana untuk menyasar pasar domestik sebagai awalan.

Presiden Direktur PT MMKSI Naoya Nakamura, mengatakan, untuk ekspor dari Indonesia ke negara lain, sekarang ini MMKSI belum memiliki rencana.

Baca juga: Mitsubishi Mulai Produksi Minicab MiEV di Cikarang Tahun Depan


"Prioritas pertama adalah memproduksi mobil ini di Indonesia dan menjualnya ke konsumen di Indonesia," ujar Nakamura, kepada wartawan, saat ditemui di Indonesa International Motor Show (IIMS) 2023, di JIExpo Kemayora, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Kendaraan listrik berbasis baterai, Mitsubishi Minicab MiEV, akan diproduksi dan dipasarkan di IndonesiaKompas.com/Donny Kendaraan listrik berbasis baterai, Mitsubishi Minicab MiEV, akan diproduksi dan dipasarkan di Indonesia

Sebelum diumumkan Minicab MiEV akan diproduksi secara lokal dan dipasarkan untuk domestik, MMKSI sudah melakukan Proof of Concept (POC) dengan beberapa perusahaan, seperti Gojek, DHL, Pos Indonesia, Haleyora Power dan Be Sanur.

Mitsubishi Motors diklaim menjadi pabrikan otomotif Jepang pertama yang memproduksi kendaraan listrik berbasis baterai di luar Jepang. Tepatnya di pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang berlokasi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: Mitsubishi Siap Produksi dan Jual Minicab MiEV di Indonesia


Mitsubishi jalin pilot project Minicab MiEV ke empat perusahaandok.MMKSI Mitsubishi jalin pilot project Minicab MiEV ke empat perusahaan

"Tentunya, kami harus sukses dulu memasarkan mobil ini di Indonesia, baru setelah itu kami akan pertimbangkan untuk melakukan ekspor," kata Nakamura.

Nakamura juga mengatakan, nantinya Minicab MiEV tidak hanya bisa dibeli oleh perusahaan saja. Tapi, setiap orang berkesempatan untuk membeli mobil listrik tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com