Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Grand Vitara Masih Impor dari India

Kompas.com - 17/02/2023, 16:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah berhenti produksi enam tahun lalu, Suzuki kembali meluncurkan Grand Vitara di Indonesia. Mobil ini hadir dengan berbagai pembaruan pada sektor eksterior, interior dan mesin.

Sebagai informasi, Grand Vitara yang meluncur di Indonesia ini sebelumnya sudah lebih dulu meluncur di pasar India. Unit yang dijual di Indonesia pun merupakan produk Completely Build Up (CBU) dari India.

Tak hanya Grand Vitara, beberapa produk Suzuki lainnya juga merupakan CBU India, sebut saja S-Presso dan Baleno.

Baca juga: Interior Suzuki Grand Vitara, Tampil Sporty Dominasi Warna Hitam

Donny Saputra 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, turut mengungkapkan alasan mengapa Suzuki Grand Vitara diimpor secara utuh dari India.

Suzuki Grand VitaraKompas.com/Claudia Suzuki Grand Vitara

“Tidak ada maksud secara spesifik baik itu dari Jepang, India atau lainnya. Kalau kita lihat penjualan kami di tahun 2022, 93 persen penjualan kami itu produk-produk yang kita buat di indonesia, sisanya baru mendatangkan secara CBU baik itu dari India Jepang dan beberapa negara lain,” ucap Donny, Kamis (16/2/2023).

Menurutnya, hal tersebut lebih pada ke kebutuhan pasar, dimana menurut Donny, Suzuki yang ada di India sesuai dengan kebutuhan pasar di Indonesia.

“Jadi tidak spesifik mobil yang diluncurkan dari India, Suzuki Jimny kan kita datangkan dari Jepang. Secara keseluruhan kita melihat bahwa ini adalah kebutuhan pasar kami jadi kami tidak melihat asalnya. Tapi kalau kami melihat ke asalnya, produk-produk yang kita fokuskan adalah produk yang kita jual di Indonesia,” kata dia.

Sebagai informasi, Suzuki Grand Vitara anyar dibekali mesin 1.500 cc berkode K15C Dual Jet, yang mampu menghasilkan tenaga 103,06 Ps atau 101,65 Tk pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm pada 4.400 rpm.

Baca juga: Suzuki Grand Vitara Pakai Mesin K15C, Ini Bedanya dengan Mesin K15B

Grand Vitara terbaru dibekali dengan satu pilihan transmisi otomatis enam percepatan dengan dua tipe tersedia yakni GL dan GX.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com