Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yoong Motor Buka Ekspor Lampu Produk Lokal ke Jepang

Kompas.com - 14/02/2023, 13:55 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

OSAKA, KOMPAS.com - Modifikator produk lampu kendaraan Yoong Motor Group Indonesia membawa berbagai inovasi terbaik ke pameran Osaka Automesse (Oam) 2023 di INTEX, Osaka, 10-12 Februari 2023.

Pameran di Jepang ini jadi yang keempat kalinya Yoong Motor group memamerkan kreativitas dan inovasi produknya di kancah internasional. Selama Oam 2023, Yoong Motor membawa lima produk modifikasi dan ditunjukkan ke pengunjung.

Yomin Sugianto, Founder Yoong Motor Group Indonesia mengatakan, pada Oam 2023 dioptimalkan untuk menunjukkan kualitas dan daya saing produk buatan Indonesia, apalagi Jepang bisa dibilang jadi acuan dunia soal modifikasi.

Baca juga: Lampu Yoong Motor Dibawa ke Jepang, Terima Pesanan Mancanegara

Lampu Osram dari Yoong Motor yang dibawa ke Osaka Auto MesseDOK. YOONG MOTOR Lampu Osram dari Yoong Motor yang dibawa ke Osaka Auto Messe

"Kalau produk Indonesia bisa diterima di pasar Jepang, tentunya tidak menutup kemungkinan kalau kualitas produk lokal diakui. Kegiatan ini sekaligus menjadi tes pasar sebagai acuan yang dapat mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas produk,” ucap Yomin dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Selasa (14/2/2023).

Produk yang dibawa Yoong Motor sudah menempuh proses riset dan pengembangan dimulai dari tahap desain, pengetesan, sampai tahap produksi, terutama pengembangan lampu mobil jenis LED (Light Emitting Diode).

Sistem kerja mengandalkan perangkat elektronik chip semi konduktor yang menghasilkan cahaya lebih terang, sistem pendinginan lampu lebih baik, pemakaian lebih awet, dan hemat energi.

Koh Yoong, sapaan akrab Yomin mengatakan, keikutsertaan Yoong Motor di pameran skala internasional bisa meningkatkan kepercayaan konsumen dan menjadi satu langkah penting untuk secara lebih masif dan berkelanjutan.

Baca juga: Warga Bogor Bisa ke Yogya Naik Bus Baru PO Mulyo Indah

"Modifikasi lampu saat ini bukan dipandang lagi sebagai segmentasi yang niche untuk mereka yang suka modifikasi saja, tapi saat ini sudah beralih menjadi kebutuhan setiap pemilik mobil di berbagai negara untuk meningkatkan visibilitas,” ucap Koh Yoong.

Produk lampu aftermarket yang dibawa Yoong Motor Indonesia ke Oam 2023 adalah sebagai berikut:

  • Osram Automotive Indonesia: Osram CBI All Season berupa projector LED 3 inci pertama di dunia yang mengusung keunggulan semi laser. Menghasilkan sorot lampu dekat (low beam) warna putih dan lampu jauh (hi beam) warna kuning; Osram juga membawa produk Biled Matrix Square 1,8 inci yang berfungsi melengkapi penerangan depan menjadi projector lampu kota; Ada juga produk LED konvensional untuk mengganti bohlam halogen dengan daya 50 watt dan masa garansi 2 sampai 5 tahun.
  • Hyperion Indonesia meluncurkan mini projector LED (Mini Projie) untuk mendukung sektor penyinaran lampu depan dan lampu kabut. Produk hyperion mini projector Next Generation ditujukan untuk meningkatkan sektor pencahayaan depan. Terutama membantu fungsi headlamp dan foglamp. Menghasilkan output sinar lebih tegas merata (cut-off), power besar, dan tidak menyilaukan pengendara lain.
  • Saber Industries mengenalkan improvement produk baru mini projie SR3 Nova yang akan memulai rilis resmi pertengahan tahun ini.
  • Pembaruan dari produk lampu LED Super Bright Ruchi Vision V2 dengan karakter sinar lebih terang mencakup bohlam LED lampu sein, lampu rem, dan lampu mundur, lampu senja, sampai lampu pelat nomor.
  • Sementara itu, ada juga beragam varian produk tebaru Slim Frame Light yang bisa dikustomisasi ulang sesuai selera konsumen.
  • Terakhir, Lumens Light dan Dans Motor selaku dua cabang Yoong Motor Indonesia yang bertolak ke Jepang membawa karya modifikasi lampu stop lamp full custo Nissan Cefiro, dan DRL Mitsubishi Xpander.

Dari pengamatan Yoong Motor Group Indonesia, peluang impor di Jepang sangat terbuka lebar.

Kehadiran produk Yoong Motor di Jepang dapat menambah sisi fungsional dari produk modifikasi lampu yang sudah beredar lebih dulu di Jepang.

Pasalnya, produk modifikasi lampu di Jepang masih terfokus di sisi estetika atau fashion dan belum merambah sisi fungsional. Selain itu, daya tahan produk didukung garansi pemakaian lebih lama menjadi kelebihan dari produk Yoong Motor Group Indonesia.

“Kondisi ini jadi peluang bagi Yoong Motor mengisi aspek tersebut. Metode ini berbeda seperti yang sudah dilakukan di Indonesia. Biasanya kita di Indonesia beli barang mentah, mengubah rumah lampu orisinil, dan tahap kustomisasi untuk meningkatkan sektor fungsional. Ibaratnya cangkang tetap sama, tapi isinya kita custom lagi, jadi bisa menyasar aspek estetika dan fungsional secara bersamaan,” kata Koh Yoong.

Sejauh ini, Yomin mengatakan Yoong Motor Group Indonesia sedang mempelajari regulasi produk aftermarket sebelum merambah ke pasar Jepang.

Seperti diketahui, regulasi produk yang di ekspor ke Jepang terbilang ketat, lantaran Jepang memiliki standar mutu produk dan regulasi demi menjawab peluang dan tantangan untuk membidik pasar aftermarket Jepang.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com