Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Avanza Ini Dimodifikasi Punya Kamar Mandi Portabel

Kompas.com - 13/02/2023, 12:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi mobil saat ini kerap dilakukan oleh pemilik kendaraan yang ingin tampil antimainstream.

Mulai dari ubahan yang simpel, hingga sentuhan kreatif dari sang pemilik mobil yang terkadang membuat gaya modifikasinya tidak terpikirkan oleh orang lain.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh pemilik akun Tiktok bernama @fi3_an1. Dalam rekaman yang diunggah olehnya, terlihat satu unit mobil Avanza yang diubah menjadi layaknya campervan ala kadarnya.

Uniknya mobil tersebut dilengkapi dengan toilet portabel yang terletak pada sisi kanan mobil.

Baca juga: Terjadi Lagi Pengemudi Fortuner Arogan, Tabrak dan Ancam Sopir Taksi Online

Dalam tayangan itu, memperlihatkan mobil Toyota Avanza berkelir abu-abu sedang parkir di pinggir kali. Sisi kanan mobil dilengkapi dengan terpal berbentuk persegi layaknya ruang ganti pakaian atau si pemilik mobil menyebutnya dengan kamar mandi portabel.

Terpal tersebut juga bisa digulung dan ditaruh rapi di atas atap mobil, jika sudah selesai digunakan untuk mandi.

@fi3_an1 Mobil Jadi Rumah Berjalan ada Kamar Mandinya ???? Bismillah Masya Allah memaksimalkan yang dipunyai. Bisa jalan jalan, Tidur, masak dan Mandi di mobil ini, Alhamdulillah Untuk menghemat Budget, ngeDIY sendiri bikin campervan ala kadarnya. Bermodalkan Nonton YT liat Campervan” lainnya lalu ATM Amati, Tiru dan Modifikasi. Tak Bisa di Bisa bisain, harus mau belajar. Jalan”nya pun nunggu anak” libur sekolah semester atau kenaikan kelas. (Bisa jalan jauh) Sambil sisihkan uang buat biaya perjalanan. Paling utama Buatlah Tabungan Naik Haji atau Umroh Sisanya buat jalan”. Semoga sehat dan lancar Ibadah serta rezeki Aamiin. Semangat pagi Senin #campervan #xenia #kamarmandiportable #sungai #camping #inspirasicampervan ? suara asli - Fitriani Handayani

“Kemarin waktu jalan-jalan ke Sumba, ketemu sungai dan kita pun turun pakai mobil buat mandiin mobil dan sekalian kita juga mandi nyuci. Nah, ini dia kamar mandi portabel kami yang dibuat oleh pak suami jadi kalau nemu sungai yaudah bisa saja mandi walaupun tidak ada kamar mandinya. Dan ramai orang kita bisa mandi dengan nyaman, bawahnya kasih alas tikar biar tidak kotor kakinya kena pasir. kalau sudah selesai tinggal kibas-kibas gulung lagi dan simpan seperti ini. Dimana pun kalau ada sungai kita bisa turun buat mandi dengan nyaman. Jadi seperti inilah penampakan mobilnya kalau sedang jalan, sebelah kanan tenda untuk mandi sebelah kirinya tenda untuk berteduh,” ucap wanita dalam video tersebut.

Melalui akun Tiktoknya, wanita yang diketahui bernama Fitriani Handayani itu mengaku ide modifikasi tersebut tercetus saat dirinya menonton video campervan Youtube.

Dengan bermodalkan menonton video-video tersebut, Fitriani bersama keluarganya kemudian mengamati, meniru, hingga memodifikasi Toyota Avanza layaknya rumah berjalan.

Baca juga: Dari Puncak Arah Jakarta Berlaku One Way, Waspada Hujan dan Berkabut

Unggahan ini pun mendapat banyak komentar dari warganet. Tak sedikit dari mereka yang mengagumi ide kreatif dari Fitriani membuat campervan yang dilengkapi dengan toilet portabel.

“Ya ampun... Bagus banget bunda mobilnya di buat begitu,” tulis komentar D'theL_qyu

“Keren, kreatif banget,” tulis akun Needle Thread by Naida.

“Seru banget kayak gini, bener-bener quality time yang berkesan soalnya orang tuaku suka road trip, semenjak pandemi sudah tidak pernah,” tulis komentar Alfreda.

Campervan dengan toilet portabelDokumen Karoseri Delima Mandiri Campervan dengan toilet portabel

Abdul Rojak, Sales Consultant Karoseri Delima Mandiri mengatakan, dalam membuat campervan, jika ingin aman harus disesuaikan dengan kualitas bahan, desain, mekanisme instalasi perlengkapan. Baik saat pengoperasian ataupun saat pengemasan.

“Ini belum bicara peraturan, kami lebih memilih membuat campervan dengan kualitas yang baik, desain fungsional, dan mekanisme yang sesuai. Mempertimbangkan kenyamanan dan safety, lalu kami urus juga perizinannya ke instansi-instansi terkait,” ucap Rojak saat dihubungi Kompas.com, Senin (13/2/2023).

Rojak pun menyarankan beberapa hal bagi pemilik kendaraan yang ingin memasang toilet portabel.

“Kalo untuk rangka bisa pake besi hollow finishing cat, allu, stainless, kain yang penting kuat, dan kalau bisa waterproof serta tidak tembus pandang,” kata Rojak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com