Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Honda WR-V dengan LSUV Sekelasnya, Mana Lebih Unggul?

Kompas.com - 03/02/2023, 16:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda WR-V menjadi penantang baru di kelas low sport utility vehicle (LSUV) alias SUV ringkas. Dengan spesifikasi dan fitur yang diusungnya, Honda yakin mobil ini bisa bersaing dengan kompetitor lain di kelasnya.

WR-V menjadi rival baru bagi Toyota Raize, Toyota Rush, Daihatsu Rocky, Daihatsu Terios, Nissan Magnite, Kia Sonet, Renault Kiger, dan Hyundai Creta.

Baca juga: Simulasi Kredit Honda WR-V, Cicilan Mulai Rp 4 Jutaan

Untuk dimensinya, WR-V termasuk memiliki ukuran yang cukup ringkas. Sehingga, cocok untuk digunakan berkendara harian di perkotaan.

Toyota RaizeKOMPAS.COM/Setyo Adi Toyota Raize

Tapi, di kelas SUV ringkas, Magnite tercatat memiliki dimensi yang paling besar, baik dari panjang, lebar, hingga tingginya. Sedangkan WR-V, tercatat memiliki jarak sumbu roda paling pendek.

Dengan jarak sumbu roda yang pendek, mobil ini jadi cukup lincah untuk diajak bermanuver. Selain itu, dipakai selap-selip di kondisi lalu lintas yang cukup ramai juga lumayan gesit.

Baca juga: Mau Punya Honda WR-V, Siapkan Biaya Pajak Rp 4 Jutaan

Soal spesifikasi mesin, bisa dikatakan masing-masing mobil cukup bersaing. Sebab, kapasitas mesin yang dimiliki tiap mobil tidak jauh berbeda, mulai 1.000 cc hingga 1.500 cc.

Beberapa mobil juga sudah ada yang dilengkapi dengan turbo, sedangkan sebagian lainnya percaya diri tanpa turbo.

Nissan Magnite jadi model terbaru SUV di Indonesia. Pengujian berkendara harian dilakukan Kompas.com selama beberapa waktu.KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Nissan Magnite jadi model terbaru SUV di Indonesia. Pengujian berkendara harian dilakukan Kompas.com selama beberapa waktu.

Raize, Rocky, Magnite, dan Kiger, termasuk yang sudah dilengkapi dengan turbo. Sementara WR-V dan LSUV lainnya, belum memiliki turbo di mesinnya.

Meski demikian, dilihat dari data spesifikasi yang dikeluarkan oleh masing-masing pabrikan, WR-V tercatat memiliki tenaga maksimum yang paling unggul dengan 119,3 tk pada 6.600 rpm. Sementara, tenaga yang paling rendah, dihasilkan oleh Raize dan Rocky dengan mesin 1.2 L non turbo, yakni 86,7 tk pada 6.000 rpm.

Kia Sonet 7-Seater Tipe Smart ManualKOMPAS.com/Tyo Kia Sonet 7-Seater Tipe Smart Manual

Sedangkan untuk torsinya, yang paling unggul adalah Kiger dengan 152 Nm pada rentang 2.200 rpm hingga 4.400 rpm. Torsi yang paling rendah dimiliki Magnite dengan 96 Nm pada 3.500 rpm.

Soal fitur, WR-V masih bisa bersaing berkat adanya Advanced Driver Assistant System (ADAS) yang disebut dengan Honda Sensing. Namun, fitur keamanan aktif ini juga dimiliki oleh rival lainnya, seperti Raize, Rocky, dan Creta.

Test drive Hyundai CretaKompas.com/Adityo Test drive Hyundai Creta

Terakhir, dilihat dari sisi harga, Honda WR-V memang bukan yang paling murah atau bahkan paling mahal. Tapi, secara harga, bisa bersaing dengan rival di kelas SUV ringkas ini.

Berikut daftar harga Honda WR-V dan kompetitornya di kelas LSUV:

LSUV Harga Terendah - Harga Tertinggi
Honda WR-V Rp 279,4 juta - Rp 317,4 juta
Toyota Raize Rp 232,4 juta - Rp 305,1 juta
Toyota Rush Rp 278,8 juta - Rp 302,2 juta
Daihatsu Rocky Rp 206,45 juta - Rp 274,85 juta
Daihatsu Terios Rp 233,55 juta - Rp 288,65 juta
Nissan Magnite Rp 293,5 juta - Rp 301,5 juta
Hyundai Creta Rp 291,3 juta - Rp 408,3 juta
Renault Kiger Rp 299,5 juta
Kia Sonet Rp 226,6 juta - Rp 344 juta

Kesimpulan

Honda WR-V masih cukup bersaing di kelas SUV ringkas. Fitur yang ditawarkan cukup canggih dan cukup lengkap. Dimensinya juga bersahabat untuk dipakai harian di perkotaan. Selain itu, mesinnya juga tercatat yang paling bertenaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com