Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Pemalsuan, Toyota Sematkan QR Code pada Oli TMO

Kompas.com - 18/01/2023, 18:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah meluncurkan dua varian oli baru beberapa waktu lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali melakukan pengembangan dengan mengenalkan fitur TMO QR Code Anticounterfeit.

Fitur yang melekat pada botol kemasan oli TMO tersebut akan memudahkan pelanggan untuk mengecek keaslian dari produk yang digunakan sebagai pelumas mesin orisinal Toyota.

Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, kehadiran fitur TMO QR Code Anticounterfeit dilatarbelakangi banyaknya peredaran oli palsu yang makim meluas di pasaran.

Menurut Anton, penggunaan oli palsu merugikan konsumen karena bisa merusak mesin kendaraan, seperti munculnya endapan, perlindungan terhadap panas yang tak optimal, dan lainnya yang berdampak dari sisi keselamatan.

Baca juga: Toyota Corolla Cross Disulap Jadi Mini RAV4

"Kami mengimbau pelanggan Toyota waspada terhadap peredaran oli TMO palsu. Dengan adanya fitur TMO QR Code Anticounterfeit pelanggan bisa mengecek keaslian oli TMO. Ini kami lakukan karena Toyota mempunyai komitmen yang kuat dalam memberikan total ownership experience dan peace of mind kepada pelanggan," kata Anton, Rabu (18/1/2023).

TMO QR Code AnticounterfeitTAM TMO QR Code Anticounterfeit

Fitur QR Code Anticounterfeit tersedia di TMO yang dipasarkan baik di seluruh jaringan resmi Toyota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta di jaringan di luar Toyota seperti toko suku cadang.

Untuk melakukan pengecekan, konsumen bisa memindai QR Code pasa seal alumunium yang berada di tutup botol TMO melakukan ponsel pintar.

Ada tiga informasi yang akan didapatkan oleh pelanggan melalui fitur ini, yaitu :

-Informasi mendapatkan produk asli (genuine)
-Informasi produk telah di-scan 1x (potensi pemalsuan)
-Informasi produk tidak dikenali (potensi pemalsuan)

Pelanggan juga bisa melakukan pengecekan dengan metode 4C, yakni congkel, cabut, copot, dan cek.

Dengan cara ini, konsumen juga turut berkontribusi dalam mengurangi peredaran produk palsu yang modusnya penggunaan ulang kemasan karena pelanggan harus merusak kemasan tutup botol.

Baca juga: Mana Lebih Bertenaga, Innova Zenix Bensin atau Reborn Diesel

PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan peningkatan keamanan pada oli resmi pabrikan, dengan memperkenalkan fitur baru pada botol kemasan oli TMO. Fitur baru itu adalah TMO QR Code Anticounterfeit, yang membuat para pelanggan bisa dengan mudah mengecek sendiri keaslian oli TMO.Dok. TAM PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan peningkatan keamanan pada oli resmi pabrikan, dengan memperkenalkan fitur baru pada botol kemasan oli TMO. Fitur baru itu adalah TMO QR Code Anticounterfeit, yang membuat para pelanggan bisa dengan mudah mengecek sendiri keaslian oli TMO.

Usai memindai kode QR, konsumen akan diarahkan ke situs tmo.toyota.astra.co.id. Berikutnya, pada produk asli oli TMO, konsumen akan mendapatkan informasi telah melakukan scan QR Code untuk kali pertama, yang artinya produk oli itu asli dari pabrik dan tidak pernah dibuka sebelumnya.

Guna memastikan keamanan produk, kemasan TMO juga menerapkan sistem ratchet dan snap, yakni tutup botol dan botol menyatu untuk mencegah penggunaan kembali.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com