Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IIMS 2023 Diikuti Banyak Merek Otomotif, Terlengkap Selama Pandemi

Kompas.com - 13/01/2023, 10:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 diyakini akan lebih meriah. Sebab, merek-merek yang hadir juga semakin banyak.

Saat pandemi melanda, Dyandra Promosindo tetap menyelenggarakan IIMS dengan protokol kesehatan yang ketat. Namun, kondisi ekonomi tak menentu, sehingga banyak pabrikan yang menahan diri untuk berpartisipasi.

Baca juga: IIMS 2023 Digelar Februari, Target Transaksi Rp 3,8 Triliun

Pada IIMS 2023, di mana kondisi ekonomi sudah semakin membaik, merek otomotif yang hadir pun kembali bertambah jumlahnya.

Ilustrasi pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo KemayoranDok. IIMS Ilustrasi pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo Kemayoran

Melihat kondisi ini, Project Manager IIMS 2023 Rudi MF mengaku optimistis dengan industri otomotif ke depannya akan semakin membaik.

"Saya lihat dari jumlah brand, bagaimana brand melihat pasar Indonesia. Kalau dilihat, ini mungkin brand paling lengkap setelah pandemi," ujar Rudi, kepada wartawan, saat ditemui di TMII, Jakarta Timur, Kamis (12/1/2023).

Baca juga: IIMS 2023 Makin Meriah, Memadukan Pertunjukan Musik

Rudi menambahkan, dilihat dari tenant yang mengisi acara, dari Hall D disebutkan jajaran mobilnya lengkap. Begitu pula dengan Hall A, bahkan ada merek-merek yang kembali lagi ke Indonesia. Merek-merek yang dimaksud, seperti Subaru, Chery, dan Citroen.

Pameran Otomotif IIMS 2022KOMPAS.com/Ruly Pameran Otomotif IIMS 2022

"Untuk motor lebih luar biasa, karena ada motor listrik. Motor listrik itu kan betul-betul pemain baru. Kalau dilihat, ada lebih dari lima brand yang akan meluncur. Mudah-mudahan ini sinyal bahwa industri otomotif menjanjikan dan akan terus tumbuh," kata Rudi.

Untuk diketahui, merek roda empat yang sudah ini mengonfirmasi akan hadir, mulai dari Astra Daihatsu, BMW, Chery, DFSK, Honda, Hyundai, Mitsubishi, MG, Subaru, Suzuki, Toyota dan Wuling. Selain itu, ada Indomobil Group yang menghadirkan lima merek, yaitu Audi, Citroen, KIA, Nissan, dan Volkswagen (VW).

Pengunjung melihat motor yang dipamerkan pada pameran IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Selasa (20/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung melihat motor yang dipamerkan pada pameran IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Selasa (20/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Selanjutnya, merek roda dua yang akan hadir, yaitu Astra Honda Motor, Benelli-Keeway, Energica, Husqvarna, Italjet, KTM, Niu, Royal Alloy, Royal Enfield, dan Yamaha.

Sedangkan untuk merek kendaraan listrik roda dua, diikuti oleh Gelis, Ion Mobility, Rakata, Selis dan Smartby. Salah satu merek yang baru dan menjadi sorotan adalah Yadea yang merupakan merek roda dua di bawah naungan Indomobil Group, untuk pertama kali akan memamerkan produknya di IIMS 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com