Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Pamerkan Taksi Masa Depan, Bertabur Teknologi Canggih

Kompas.com - 05/01/2023, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Boshoku yang merupakan bagian dari Toyota Group, baru saja memperkenalkan dua konsep Mobility as a Service (Maas) pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2023, di Las Vegas, Amerika Serikat.

Dikutip dari Carscoops, Rabu (4/1/2023), kedua konsep tersebut diberi nama Boshoku MX221 dan Boshoku Moox. Kedua kendaraan konsep ini sepertinya menggambarkan mimpi Toyota bagaimana taksi atau transportasi massal akan terwujud di masa depan.

Untuk konsep pertama dikenal sebagai MX221, dibayangkan sebagai kendaraan ride-hailing dengan sistem penggerak otonom Level 4. Konsepnya menganut gagasan keanekaragaman dan menampilkan interior yang dapat dikonfigurasi ulang.

Baca juga: Cara Aman Motor Saat Lewat di Perlintasan Kereta

Konfigurasi pertama dikenal sebagai MX Pass, memiliki empat kursi, dua baris tradisional. Ada juga MX Plus yang memiliki dua baris kursi, tetapi saling berhadapan.

Toyota BoshokuDoc Carscoops Toyota Boshoku

Sementara MX Access, menampilkan model yang dilengkapi dengan kursi roda. Adapun untuk MX Prime berfokus pada kemewahan karena kabinnya dapat dilengkapi hingga dua kursi berteknologi tinggi, menampilkan pengaturan jok elektris, sandaran kaki, dan meja yang dapat dipasang dengan keyboard digital.

Keempat konfigurasi, juga tampak memiliki jok depan yang dapat dilipat saat tidak digunakan.

Mengingat konsep kendaraan ini dirancang untuk ride-hailing, pelapis jok dan karpet dapat diganti dengan mudah. Konsep ini juga menawarkan pembersih UV-C, sistem pemantauan di dalam kabin, dan sistem hiburan lipat.

Toyota BoshokuDoc Carscoops Toyota Boshoku

Secara tampilan, eksteriornya MX221 relatif polos dengan roda tertutup serta pintu geser elektrik. Konsep ini menggabungkan tampilan digital untuk jendela samping serta panel LED belakang yang dapat berkomunikasi dengan pengguna jalan lain, seperti contoh menampilkan pesan “Caution Vehicle Stopping.”

Sementara itu, konsep Moox dibayangkan sebagai kendaraan Level 5 yang sepenuhnya otonom. Perseroan berharap kendaraan ini dapat memenuhi berbagai aplikasi mulai dari bisnis dan tempat makan hingga hiburan.

Menyoal teknologi, model ini menggunakan sensor di kursi dan sandaran tangan untuk menentukan tingkat kelelahan dan stres penumpang. Jika penumpang mengalami stres, Moox dapat mencoba menenangkan dengan cara menampilkan video hutan di layarnya.

Toyota BoshokuDoc Carscoops Toyota Boshoku

Baca juga: Jadi Sultan di Kursi Belakang The President BMW X7

Selain itu, penumpang yang merasa bosan juga bisa bermain game menggunakan tangan dan lengan mereka sebagai pengontrol, berkat teknologi pengenalan gerakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com