Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih dari 200.000 Unit Mobil Hybrid Honda Kena Recall

Kompas.com - 02/01/2023, 10:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap ada kesalahan produksi, tiap pabrikan mobil diharuskan untuk melakukan recall. Belum lama ini, ratusan ribu unit mobil hybrid Honda dikabarkan melakukan kampanye perbaikan massal alias recall.

Dikutip dari Carscoops.com, Senin (2/1/2023), Honda melakukan recall terhadap 200.000 unit mobil hybrid buatannya di China. Penyebabnya disebutkan adalah masalah pada sensor pedal rem.

Baca juga: Kia Sportage Kena Recall Lagi, Sekarang Airbag Bermasalah

Badan Administrasi untuk Regulasi Pasar China mengungkapkan, kendaraan yang terdampak memiliki cairan pelumas yang dimasukkan ke dalam sensor pedal rem selama proses pembuatan. Pelumas ini dapat memicu masalah dengan sensor seiring waktu.

Honda City e:HEVHonda Honda City e:HEV

Tercatat ada 105.608 mobil hybrid yang diproduksi Honda di pabrik joint venture Dongfeng antara 8 Oktober 2018 hingga 7 September 2020 terkena recall. Begitu pula dengan produksi di Guangzhou Automobile Gorup dari 27 Agustus 2018 hingga 6 Agustus 2020.

Honda menyebutkan bahwa kedua pusat produksi tersebut akan melakukan tes pada kendaraan yang terdampak dan melakukan penggantian komponen. Recall tersebut akan dimulai pada 31 Maret 2023.

Baca juga: Honda Ingatkan Lagi buat Pemilik Mobil yang Kena Recall

Selain China, Honda juga harus berurusan dengan recall di Amerika Serikat. Pada akhir November 2022, Honda melakukan recall pada 117.445 unit Ridgeline. Mobil tersebut dilengkapi tali pengaman yang dapat rusak saat pintu belakang dibuka dan ditutup berkali-kali.

Honda HR-V e:HEVheadlightmag.com Honda HR-V e:HEV

Kemudian, Departemen Transportasi Amerika Serikat juga belum lama ini melakukan investigasi pada 1.720.768 unit CR-V dan HR-V, yang dicurigai mengalami masalah pada diferensial belakang.

Sementara itu, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM Honda di Indonesia juga pernah melakukan recall. Terbaru pada pertengahan Juli 2020, di mana ada 85.025 unit yang terdampak akibat masalah pada fuel pump.

Model yang terjangkit masalah fuel pump itu pun cukup beragam. Mulai Honda BR-V, Mobilo, Brio, HR-V, CR-V, Civic, City, hingga Accord yang diproduksi mulai dari 2017 hingga 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com