Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Kendaraan Resmi KTT G20, Wuling Air ev Ikut Touring Jakarta-Bali

Kompas.com - 08/11/2022, 07:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Motors (Wuling) menyertakan mobil listrik pertamanya, Wuling Air ev,  untuk mendukung gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan diselenggarakan di Bali, 15 November 2022 sampai dengan 16 November 2022.

Wuling Air ev diikutkan dalam rangkaian acara menjelang KTT G20, yaitu Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, yang berlangsung di Monumen Nasional (Monas) pada hari Senin (7/11/2022).

Acara tersebut diinisiasi oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, dimulai dengan seremoni flag off bersama Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi. Rombongan turing tersebut akan tiba di Bali pada 11 November 2022.

Baca juga: Wuling Sebut Masalah Air EV Sudah Selesai, Bukan dari Komponen Baterai

"Kita sangat mendukung dan ini merupakan pengalaman yang baik. Sesampainya di Bali, kita akan membuat suatu pameran sehingga orang-orang dari mancanegara bisa melihat bahwa kita punya effort yang besar dan ini harus konsisten serta dilakukan oleh semua pihak. Marilah kita bersama-sama, tidak hanya touring, tapi dari hati melakukan suatu lompatan, suatu migrasi yang besar untuk bangsa," ucap Budi dalam keterangan resmi, dikutip Senin.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Hendro Sugiatno menyampaikan, tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk mendukung transisi energi berkelanjutan.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung transisi energi berkelanjutan, mensosialisasikan Peraturan Presiden nomor 55 tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB), serta memperkenalkan dan mempercepat penggunaan kendaraan listrik oleh masyarakat Indonesia," ucap Hendro.

Wuling melalui Air ev turut berpartisipasi dalam kegiatan yang merupakan bagian dalam rangkaian acara menjelang KTT G20, yakni Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis BateraiDok. Wuling Wuling melalui Air ev turut berpartisipasi dalam kegiatan yang merupakan bagian dalam rangkaian acara menjelang KTT G20, yakni Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai

Baca juga: Emosi Quartararo Usai Gagal Pertahankan Gelar Juara Dunia MotoGP

Sementara itu, Brand & Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani mengatakan bahwa partisipasi Wuling dalam acara ini menjadi bentuk komitmen Wuling untuk menghadirkan mobilitas ramah lingkungan bagi Indonesia yang lebih hijau di masa depan.

"Wuling pun bangga dapat menjadi bagian untuk mendukung percepatan elektrifikasi kendaraan dari pemerintah yang kami wujudkan dengan berpartisipasi dalam kegiatan Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai ini," ucap Dian.

Nantinya di Bali, Wuling akan menampilkan kendaraan listrik pada pameran yang digelar di Bali Collection, Nusa Dua. Akan ada satu unit Wuling Air ev, dan juga unit test drive untuk pengunjung yang ingin merasakan sensasi berkendara mobil listrik.

Secara keseluruhan, ada 48 unit kendaraan listrik yang ikut touring dari Jakarta ke Bali dengan total jarak tempuh 1.250 kilometer. Ini dilakukan dalam rangka penyambutan gelaran KTT G20.

Rinciannya, mobil listrk yang ikut serta adalah Lexus UX300e, 1 unit Nissan Leaf, 1 unit BYD E6, 7 unit Hyundai Kona EV, 4 unit Wuling Air EV, 1 unit DFSK Gelora E, dan 1 unit Mitsubishi Minicab MiEV.

Kemudian untuk kendaraan roda dua, ada 10 unit Minerva Electron, 3 unit Honda PCX Electric, 1 unit Energica Ego, 2 unit Niu Gova E03, 2 unit Selis E-Max, 5 unit Gesits, 2 unit United T1800, 1 unit United TX1800, dan 2 unit Smoot Tempur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com