Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Krisis Cip Semikonduktor, Menperin Lobi Pemerintah AS

Kompas.com - 05/11/2022, 14:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan saat ini pihaknya tengh melakukan lobi atau komunikasi ke Amerika Serikat (AS) untuk mendorong investasi pada komponen cip semikonduktor di Indonesia.

Pasalnya saat ini, kelangkaan pasokan cip semikonduktor masih membayangi industri otomotif dunia, tak terkecuali Indonesia. Sementara permintaan suatu kendaraan bermotor di dalam negeri terus tumbuh.

Baca juga: Ratusan Mobil Listrik Hyundai untuk KTT G20 Tiba di Bali

Ilustrasi cip semikonduktoreurope.autonews.com Ilustrasi cip semikonduktor

“Mengenai cip semikonduktor ini juga salah satu fokus pemerintah, dan kami dalam tiga bulan terakhir, sudah 2 kali mengunjungi AS, yang pada gilirannya akan membawa investasi AS ke Indonesia,” kata Agus belum lama ini.

Agus mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan para pejabat di AS, menteri perdagangan AS, beberapa pejabat lainnya, serta pelaku industri di AS. Dia bilang, pihaknya akan melakukan kerja sama bersama AS.

“Kerja sama ini pada gilirannya akan membawa investasi dari AS ke Indonesia, dan kami akan fokus pada pengembangan semikonduktor di Indonesia. Itu akan menjadi perhatian para pelaku industri di Tanah Air,” ujar dia.

Baca juga: Tangki BBM Plastik Bebas Karat, tapi Lebih Rawan Rusak

Pekerja merakit mobil pick up di Pabrik Mobil Esemka, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) untuk mulai beroperasi memproduksi mobil. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho Pekerja merakit mobil pick up di Pabrik Mobil Esemka, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) untuk mulai beroperasi memproduksi mobil. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.

Meski begitu, Agus masih enggan untuk mengungkapkan perusahaan mana yang akan datang ke Indonesia untuk berinvestasi cip semikonduktor. Walau diakui, perusahaan terkait dalam waktu dekat mulai invasi.

"Saya tidak bisa menyampaikan perusahaan mana yang akan datang ke Indonesia, dan berinvestasi pada cip semikonduktor ini. Tapi, sudah ada perusahaan yang sudah berbicara, dan mendapat dukungan dari pemerintah AS,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com