Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Atasi Krisis Cip Semikonduktor, Menperin Lobi Pemerintah AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan saat ini pihaknya tengh melakukan lobi atau komunikasi ke Amerika Serikat (AS) untuk mendorong investasi pada komponen cip semikonduktor di Indonesia.

Pasalnya saat ini, kelangkaan pasokan cip semikonduktor masih membayangi industri otomotif dunia, tak terkecuali Indonesia. Sementara permintaan suatu kendaraan bermotor di dalam negeri terus tumbuh.

“Mengenai cip semikonduktor ini juga salah satu fokus pemerintah, dan kami dalam tiga bulan terakhir, sudah 2 kali mengunjungi AS, yang pada gilirannya akan membawa investasi AS ke Indonesia,” kata Agus belum lama ini.

Agus mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan para pejabat di AS, menteri perdagangan AS, beberapa pejabat lainnya, serta pelaku industri di AS. Dia bilang, pihaknya akan melakukan kerja sama bersama AS.

“Kerja sama ini pada gilirannya akan membawa investasi dari AS ke Indonesia, dan kami akan fokus pada pengembangan semikonduktor di Indonesia. Itu akan menjadi perhatian para pelaku industri di Tanah Air,” ujar dia.

Meski begitu, Agus masih enggan untuk mengungkapkan perusahaan mana yang akan datang ke Indonesia untuk berinvestasi cip semikonduktor. Walau diakui, perusahaan terkait dalam waktu dekat mulai invasi.

"Saya tidak bisa menyampaikan perusahaan mana yang akan datang ke Indonesia, dan berinvestasi pada cip semikonduktor ini. Tapi, sudah ada perusahaan yang sudah berbicara, dan mendapat dukungan dari pemerintah AS,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/05/140200215/atasi-krisis-cip-semikonduktor-menperin-lobi-pemerintah-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke