Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melepas PPF Tidak Boleh Sembarangan, Ada Risiko Cat Terkelupas

Kompas.com - 28/10/2022, 18:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini ramai di media sosial mengenai cat mobil yang terkelupas saat ditempel dengan lakban. Memang ada salah produk dari vernis yang digunakan sehingga hal tersebut bisa terjadi.

Lalu, bagaimana jika bodi ditempel dengan Paint Protection Film (PPF)? Mengingat PPF sebenarnya punya kelebihan dalam melindungi cat, tapi apakah ada risiko cat terkelupas saat mau melepasnya?

Jonathan Susanto, GM V-Kool PPF menjelaskan, ada beberapa hal yang menyebabkan cat ikut terkelupas saat melepas PPF dari bodi kendaraan, seperti dari produk dan cara melepas.

Baca juga: Mobil Sudah Dilapis PPF, Tetap Harus Dirawat Rutin

Paint Protection Film (PPF) V-KoolPaint Protection Film (PPF) V-Kool Paint Protection Film (PPF) V-Kool

"PPF ada berbagai macam tipe, untuk yang V-Kool, kemnya soft, ringan saat menempel di permukaan (bodi). Selain itu, ada teknik pelepasan khusus," ucap Jonathan kepada Kompas.com, Rabu (26/10/2022).

Jonathan menjelaskan, melepas PPF dari bodi tidak bisa sembarang, dari cara menarik sampai sudut penarikannya. Jika asal-asalan, maka ada risiko cat bisa terkelupas.

Baca juga: Kapolri Minta Bisa Langsung Mengulang Saat Gagal Ujian SIM


"Sudut pencopotan tidak lebih dari 45 derajat, itu aman. Balik lagi ke produk yang digunakan dan cara melepasnya, bisa kejadian (cat terkelupas) kalau copotnya ditarik atau sentak," kata Jonathan.

Untuk mobil yang sudah dipasang PPF, jika memang mau dilepas PPF-nya ada jasa pelepasan gratis yang ditawarkan V-Kool. Jadi bodi tetap bisa aman, tanpa khawatir cat terkelupas karena PPF.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com