Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jalan Tol Atas Air Terpanjang di Indonesia, Kelima Terpanjang di Dunia

Kompas.com - 25/10/2022, 16:51 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Jalan tol merupakan hal sarana yang sudah tidak asing lagi bagi pengendara kendaraan bermotor.

Saat ini pembangunan jalan tol di Indonesia kian diperluas untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan mobilitas. Bahkan, ada jalan tol yang mendapatkan julukan sebagai jalan tol terpanjang di atas air.

Jalan tol atas air pertama di Indonesia ada di Pulau Dewata yang dikenal dengan Jalan Tol Bali Mandara. Jalan Tol Bali Mandara yang dikelola oleh PT Jasa Marga Bali Tol, Tbk. yang melintasi Kota Denpasar dan Kabupaten Badung merupakan jalan tol pertama di Pulau Bali.

Baca juga: Honda BeAt Rembes Oli, Cek Komponen Ini

Dikutip dari laman bpjt.pu.go.id, arti nama Mandara sendiri berasal dari singkatan "Maju, Aman, Damai dan Sejahtera" dan mengusung konsep green, strong, dan beauty toll road.

Dengan konsep tersebut maka pengendara yang melintasi jalan tol atas air ini akan disajikan oleh panorama laut yang indah. Serta pemandangan arsitektur dan ornamen budaya khas Bali.


Diresmikan dan beroperasi sejak tahun 2013 lalu, jalan tol Bali Mandara memiliki sepanjang 12,7 Km.

Pembangunan jalan tol ini untuk mengurangi kepadatan lalu lintas yang selama ini terpusat di Bali Selatan yang menghubungkan segitiga emas antara Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua.

Jalan Tol Bali-Mandara selesai dipercantik jelang event G20 di Bali pada November 2022.Dok. Jasa Marga Jalan Tol Bali-Mandara selesai dipercantik jelang event G20 di Bali pada November 2022.

Jika melihat ke daftar ke jalan tol atas air terpanjang di dunia, tol Jalan Tol Bali – Mandara ada di urutan kelima.

Yang pertama ada jalan tol Jiaozhou Bay di China (42 Km), kedua jalan tol Lake Pontchartrain Causeway, Amerika Serikat (38,4 Km), ketiga jalan tol Chesapeake Bay, Amerika Serikat (24,01 Km), keempat jalan tol Penang - Malaysia (24 Km) dan kelima jalan tol Bali Mandara, Indonesia (12,7 Km).

Baca juga: Lihat Keandalan Fuso eCanter jadi Truk di Area Konstruksi

Uniknya, jalan tol ini menjadi satu-satunya jalan tol di Indonesia yang memiliki jalur sepeda motor. Selain itu, dalam mendukung kelancaran dan keamanan berkendara, telah dipasangi alat pengukur kecepatan angin di setiap gerbang tol (Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa).

Jika kecepatan angin mencapai 40 km atau lebih, jalan tol ditutup sementara guna menghindari resiko kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com