Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tenaga Lebih Besar, Ini Ubahan Teknis Mesin New CBR250RR

Kompas.com - 22/09/2022, 17:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda New CBR250RR mengalami peningkatan tenaga dari sebelumnya, meskipun masih mengusung mesin yang sama.

Secara umum, memang motor ini masih menawarkan desain yang mirip dengan model lama. Tapi dari sektor mesin ada banyak ubahan.

Meski begitu, ubahan spek mesin hanya berlaku pada varian Honda New CBR250RR SP dan SP-Quick Shifter. Adapun CBR250RR standar masih mengusung mesin lama.

Baca juga: Ada Fenomena Antrean Kendaraan di SPBU, Beli BBM Bisa 20 Menit

New Honda CBR250RRKOMPAS.com/Adityo New Honda CBR250RR

Di atas kertas, Honda New CBR250RR diklaim mengalami peningkatan tenaga di putaran mesin yang sama, dari 40,6 dk ke 41,6 dk pada 13.000 rpm. Sementara torsi maksimum yang bisa diraih masih sama, yaitu sebesar 25 Nm pada 11.000 rpm.

Endro Sutarno, selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor, mengatakan, walaupun kenaikannya hanya 1 tk, namun ada banyak banyak perubahan yang diterapkan di bagian mesin.

Menurutnya, ubahan pertama adalah kompresi mesin uang mengalami kenaikan, dari sebelumnya 12,1:1, naik menjadi 12,5:1.

Baca juga: Wuling Air ev Pakai Ban 12 Inci, Baru Tersedia di Diler Saja

“Durasi noken as atau camshaft yang digunakan berbeda, hasilnya performa mesin jadi meningkat. Lalu spek tekanan ring piston berbeda, sehingga menghasilkan gesekan piston yang lebih ringan,” ujar Endro di Karawang, Jawa Barat, belum lama ini.

Kemudian, ubahan berlanjut ke flow jalur intake manifold yang ditingkatkan, sehingga udara bisa masuk lebih lancar ke ruang bakar.

“Pada bagian magnet bobotnya dibuat lebih ringan dengan tujuan agar mesin bisa berkitir lebih ringan. Selain itu, komponen lifter atau tonjokan rantai keteng juga dibuat lebih kuat agar tetap stabil saat dipacu di putaran tinggi,” ucap Endro.

Baca juga: Harga Mitsubishi Pajero Sport September 2022 dan Skema Cicilan

New Honda CBR250RRKOMPAS.com/Adityo New Honda CBR250RR

Endro juga mengatakan, rasio transmisi 6 percepatan yang terpasang juga baru dan diklaim membuat motor berakselerasi cepat dan meningkat kecepatan maksimal.

Bahkan efisiensi bahan bakar juga disebut lebih baik dari sebelumnya, lantaran kerja mesin dibuat lebih ringan.Namun demikian, Endro tidak bisa mengungkap seberapa besar efisiensi pada New CBR250RR.

Tak ketinggalan, final gear alias gir kini pakai kombinasi ukuran 14-42 dari sebelumnya 14-41 sehingga tetap bertenaga pada putaran bawah, tanpa kehilangan napas di putaran atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com