Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jauh Lebih Irit, Mobil Hybrid Bisa Jadi Solusi Saat Harga BBM Naik

Kompas.com - 14/09/2022, 09:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia yang naik terus menuai perhatian. Berbagai alternative disarankan guna mengatasi kenaikan harga BBM, salah satunya beralih menggunakan kendaraan mobil Hybrid.

Berdasarkan data yang diolah dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) total penjualan mobil wholesales per Januari- Juli 2022 yaitu 584.992 unit. Dari total tersebut, segmen mobil hybrid menyumbang penjualan 4.213 unit. 

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (14/9/2022), berdasarkan data dari kerjasama riset dan studi teknologi kendaraan ramah lingkungan Kementerian Perindustrian, Toyota Indonesia dan enam perguruan tinggi negeri Indonesia, rata-rata konsumsi BBM mobil konvesional mencapai 10,2 kpl (kilometer per liter), dengan jarak berkendara 2.272 Km selama pengukuran 44 hari dari 90 hari.

Sedangkan mobil hybrid berhasil mencatatkan konsumsi BBM 22,7 Kpl dengan jarak pengujian 1.990 Km. Kemudian mobil berteknologi PHEV mencapai 56,7 Kpl menempuh jarak 1.445 Km. Artinya, teknologi hybrid dan PHEV bisa mendongkrak efisiensi BBM hingga dua kali lipat, minimal.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Teknologi Uap Air Efektif Bikin Irit BBM?

Yannes Martinus Pasaribu, pengamat otomotif yang berprofesi sebagai dosen Institut Teknologi Bandung (ITB), menyarankan agar menggunakan mobil hybrid apabila harga BBM terus naik.

“Jika harga BBM naik terus, kalau yang mau punya mobil baru dalam waktu 3 sampai 5 tahun disarankan beli mobil Hybrid. Mobil ini bisa sampai 50 persen lebih hemat dari mobil yang ada sekarang. Mobil hybrid kan sudah dicampur dengan listrik. Itu bedanya,” kata Yannes kepada Kompas.com, Senin (12/9/2022).


Mobil hybrid sendiri merupakan kendaraan dengan sistem yang menggabungkan mesin bahan bakar minyak dan motor listrik bertenaga baterai.

Mobil ini mengandalkan dua sumber daya sehingga dipercaya lebih irit dari segi pengeluaran bahan bakar. Bahkan, mobil ini juga menjadi mobil digadang-gadang lebih ramah lingkungan jika dibandingkan mobil konvensional.

Sasis Calon Mobil Hybrid SuzukiKOMPAS.com - Aditya Maulana Sasis Calon Mobil Hybrid Suzuki

Tidak hanya itu saja, mobil jenis ini juga sekaligus pengenalan sebelum memutuskan menggunakan mobil listrik. Bahkan, jika dilihat secara harga, ada beberapa mobil hybrid yang justru lebih murah dari mobil listrik sehingga bisa jadi pilihan.

Baca juga: 5 Hal yang Sering Diabaikan dan Bikin BBM Skutik Boros

Kendati demikian, ekosistem kendaraan roda empat bertenaga listrik di era naiknya harga BBM juga menjadi harapan banyak orang. Hanya saja harga yang ditawarkan oleh mobil listrik masih jadi tantangan untuk menarik minat pasar.

“Ini masih jadi permasalahan sampai sekarang, mau genjot percepatan program elektrifikasi tapi orang mau beli tidak jadi mudah,” kata Yannes.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com