Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Innova Hybrid Bakal Pakai Nama Zenix?

Kompas.com - 23/08/2022, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Innova dikabarkan akan segera mengalami perubahan dengan meluncurkan generasi terbaru pada awal tahun 2023. Ubahan paling signifikan ada pada teknologinya.

Multi purpose vehicle (MPV) 7 penumpang andalan Toyota ini kabarnya bakal dibekali dengan teknologi hybrid.

Toyota ternyata sudah mendaftarkan nama merek Innova Zenix di Indonesia. Hal ini terungkap dari dokumen Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM.

Baca juga: Paket Interior Innova Mewah Khusus di GIIAS, Modal Rp 100 Juta

Pada dokumen itu, nama Innova Zenix telah terdaftar dan dilindungi sejak 24 Juli 2020. Nama itu didaftarkan langsung oleh Toyota Jidosha Kabushiki Kaisha atau Toyota Motor Corporation.

Dalam dokumen tersebut, dideskripsikan jenis barang Innova Zenix mengacu kepada "badan untuk kendaraan bermotor, ban untuk roda kendaraan, bus, bus yang dirancang untuk banyak penumpang dan perjalanan jarak jauh, kendaraan elektrik, kendaraan-kendaraan dengan penggerak empat roda yang digunakan untuk kegiatan-kegiatan offroad atau on road dan mempunyai jarak yang tinggi antara bodi mobil dengan permukaan tanah (sport utility vehicles), mesin untuk kendaraan bermotor, mobil, motor untuk kendaraan bermotor, pintu untuk kendaraan bermotor, rem untuk kendaraan bermotor, roda kemudi untuk kendaraan bermotor, roda untuk kendaraan bermotor, transmisi untuk kendaraan bermotor, truk, van [kendaraan]".

Nama Innova Zenix terdaftar di Data Kekayaan Intelektual Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM.Doc pdki-indonesia.dgip.go.id Nama Innova Zenix terdaftar di Data Kekayaan Intelektual Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM.

Sebelumnya, sempat muncul nama merek Innova Hycross yang sudah terdaftar di India. Diduga nama tersebut akan digunakan pada generasi baru Innova yang akan diluncurkan pada awal tahun 2023.

Adapun di Indonesia sendiri, kabar mengenai Innova hybrid yang akan meluncur tahun 2023 sudah sering terdengar. Bahkan kabarnya Toyota bakal memproduksi mobil hybrid di Indonesia mulai tahun 2022.

Hal ini diperkuat dengan pernyataan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang mengatakan bahwa Kijang Innova Hybrid akan dibuat di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Namun, ia tidak menjelaskan secara pasti kapan waktu peluncurannya.

Toyota Kijang Innova EV ConceptDOK. TAM Toyota Kijang Innova EV Concept

Saat tim redaksi mengkonfirmasi hal ini kepada pihak Toyota Astra Motor (TAM), Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy, enggan untuk berkomentar.

"Saya tidak bisa komentar untuk produk masa depan," ucap Anton kepada Kompas.com, Selasa (23/8/2022).

Sebelumnya, Indra Chandra, Project General Manager Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing (TDEM) mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan produksi lokal dari sebuah mobil hybrid yang rencananya akan diluncurkan pada akhir tahun 2022.

Baca juga: Bukan Hiasan, Ini Fungsi Spion di Kap Mesin Mobil

“Mudah-mudahan tetap seperti rencana kami (akhir tahun),sehingga bisa dinikmati masyarakat Indonesia dalam waktu tidak terlalu lama lagi,” kata Indra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com