Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen Baterai ABC Akan Sediakan Aki Kering Lithium Untuk Motor

Kompas.com - 25/07/2022, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor dengan mesin konvensional bisa dikatakan jumlahnya sangat banyak. Melihat peluang tersebut, produsen baterai lokal, ABC tertarik untuk membuat aki kering.

PT International Chemical Industry (Intercallin) yang hadir di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 memamerkan contoh produknya. Ada dua tipe aki kering lithium, yakni 12V 6Ah dan 12V 3Ah. Tipe aki tersebut diperuntukkan motor matik, bebek, dan sport.

Baca juga: ABC Jadi Pionir Produsen Sel Baterai Lokal Pertama Kendaraan Listrik

Untuk diketahui, Intercallin sekarang tidak hanya memproduksi battery pack saja. Tapi, sudah mulai membuat sel baterai untuk berbagai kebutuhan, salah satunya baterai untuk kendaraan listrik. Dengan demikian, ABC menjadi pionir untuk industri sel baterai di Indonesia alias yang pertama membuat sel baterai "Made in Indonesia".

Aki kering buatan ABC LithiumKompas.com/Donny Aki kering buatan ABC Lithium

Direktur Pemasaran Intercallin Hermawan Wijaya mengatakan, aki kering lithium buatan ABC hanya alternatif saja apabila masih mau menggunakan sepeda motor konvensional, mungkin baterai starter-nya menggunakan lithium.

"Jadi, ini saya bilang untuk transisi saja. Rencananya akan dijual, tapi kita belum bisa umumkan," ujar Hermawan, kepada Kompas.com, saat ditemui di booth-nya, di JIExpo Kemayoran, belum lama ini.

Baca juga: Jalin Kerja Sama, Motor Listrik Katalis Pakai Baterai ABC

Hermawan menambahkan, sekarang ini aki kering tersebut sudah masuk proses pengembangan dan pengujian. Jika sudah selesai semua, baru akan dirilis ke pasaran.

Sel baterai ABCKompas.com/Donny Sel baterai ABC

"Kalau bicara untuk produksi massal selnya, paling cepat tahun depan. Tapi, untuk peluncuran atau tes pasar, kemungkinan akhir tahun," kata Hermawan.

Sementara untuk materialnya, menggunakan Lithium Ferro Phosphate (LFP) atau LiFePO4 yang terbukti sebagai material katode yang paling aman untuk baterai lithium ion. Baterai tersebut tidak memiliki risiko terbakar, tidak ada risiko meledak, dan memiliki siklus hidup paling lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com