Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampai H+3 Lebaran, 11.000 Kendaraan Masuk Kawasan Bogor

Kompas.com - 06/05/2022, 11:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polisi mencatat ada 11.000 unit kendaraan dari luar Bogor yang bergerak memasuki area Bogor sejak Kamis (5/5/2022) pagi. Arus kendaraan pada kawasan wisata tersebut kembali padat.

"Kondisi arus lalin pagi hari ini yang menuju ke arah Puncak berdasarkan perhitungan statistik kami, sudah masuk di 11.000 terhitung dari jam 5 pagi," ucap Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin seperti dikutip Kompas Regional, Kamis.

Sejak Kamis pagi, Iman menjelaskan bahwa pengguna kendaraan pribadi terus bergerak memadati kawasan wisata Puncak Bogor.

Baca juga: Kemenhub Dukung Penerapan Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Tol

Jumlah kendaraan tersebut dikatakan meningkat, jika dibandingkan dengan arus lalu lintas kendaraan pada Rabu (4/5/2022) yang lalu. Angka 11.000 tersebut terhitung meningkat, hanya dalam kurun waktu 3 jam saja.

Untuk mengurai kemacetan tersebut, polisi memberlakukan kembali skema rekayasa lalu lintas satu arah atau one way, mulai dari Simpang Gadog sampai dengan Puncak Pass, perbatasan Cianjur.

"Saat ini kami melaksanakan proses one way yang nanti akan diarahkan arus ke atas semuanya menuju ke Puncak atau arah Cianjur dari Jakarta," ucap Iman.

Situasi arus kendaraan saat penerapan one way arah Jakarta di sepanjang jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022) sore.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus kendaraan saat penerapan one way arah Jakarta di sepanjang jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022) sore.

Baca juga: Polisi Sebut Ada Anomali di Mudik Lebaran 2022

Kemudian, polisi juga menerapkan skema rekayasa lalu lintas contraflow atau lawan arus di pintu keluar Gerbang Tol (GT) Ciawi atau Km 45, arah Jakarta menuju Puncak Bogor.

Contraflow diberlakukan untuk memecah arus kendaraan yang akan menuju Simpang Ciawi atau Sukabumi.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Iman mengimbau masyarakat yang melintasi kawasan Puncak Bogor untuk mempersiapkan kesehatan dan kesiapan fisik, serta mengecek kesiapan atau kealikan jalan kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com