Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Ada Kuota Kirim Motor Gratis Pakai Kereta Api, Begini Caranya

Kompas.com - 25/04/2022, 18:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com— Program pengiriman motor gratis atau motis menggunakan kereta api terus dipromosikan oleh KAI Logistik. Motis sendiri merupakan program tahunan yang selalu diadakan saat masa mudik Lebaran tiba.

Bagi yang berminat mengirimkan sepeda motor menggunakan kereta, program ini bisa digunakan. Tidak hanya akan membuat perjalanan pulang ke kampung halaman menjadi aman, motis juga akan membuat anggaran pengeluaran untuk mudik berkurang.

Tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan layanan ini, itu artinya pemudik tidak perlu menggelontorkan bujet pengiriman motor.

Baca juga: Catat, Ini Titik Rute Mudik Rawan Longsor di Lebak Banten

Manager Area Barat II PT. Kereta Api Logistik Wisesa Witaraga mengatakan jika masih ada kuota bagi yang ingin mengikuti program motis 2022.

“Pendaftaran sudah dibuka dari 20 April 2022 hingga 8 Mei 2022. Kami akan melayani menyesuaikan ketersediaan kuota. Maka dari itu, bagi yang ingin mengikuti program ini harus cepat sebelum kehabisan kuota,” ujar Wisesa pada Kompas.com.

Pada program Motis 2022, KAI Logistik menyediakan kapasitas angkut untuk 9.280 unit motor. Agar tidak terjadi penumpukkan permintaan pengantar barang, kapasitas harian akan dibatasi sebanyak 928 motor saja.

Suasana gudang KAI Logistik cabang Manggarai menyambut Lebaran 2022Janlika Putri Suasana gudang KAI Logistik cabang Manggarai menyambut Lebaran 2022

Para peserta motis dapat mendaftar secara online dengan mengakses link bit.ly/motis2022. Tidak hanya itu saja, dapat pula berkunjung langsung ke stasiun-stasiun yang telah ditunjuk dan melayani angkutan Motis 2022.

Pelayanan motis akan buka setiap hari dengan operasional pada jam 08.00 – 16.00 WIB. 

Baca juga: Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Surabaya Pakai Suzuki XL7, Siapkan Rp 1 Jutaan

Peserta motis wajib menunjukkan photocopy KTP, SIM dan STNK yang masih berlaku.  Serta harus memilki tiket mudik baik tiket kereta api, bus atau travel. 

“Ini merupakan program dari Pemerintah dalam mendukung mudik asik yang nyaman. Meskipun peluncuran program motis ini agak mendadak dan persiapannya cukup mempet, tapi tidak mengurangi semangat kami. Jadi program ini kita rancang dan umumkan dengan cepat agar dapat membantu kelancaran mudik,” Kata Wisesa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com