Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Airlangga Pastikan 3 Mobil Listrik Baru Bakal Hadir di Indonesia

Kompas.com - 31/03/2022, 11:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan terdapat tiga mobil listrik baru yang akan hadir di pasar dalam negeri tahun ini.

Sehingga diharapkan program percepatan era kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Indonesia bisa sesuai target.

"Dalam tahun ini akan ada tiga pabrikan yang launching mobil listrik baru," katanya dalam seremoni pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, Kamis (31/3/2022).

"Mobil yang satu sudah kita ketahui bersama, dua lainnya untuk kita ketahui kemudian," lanjut Airlangga.

Baca juga: Airlangga Hartarto Langsung Jajal Toyota Innova EV Concept di IIMS 2022

Satu pabrikan yang menghadirkan mobil listrik baru dimaksud ialah Hyundai Ioniq5 yang sudah melakukan seremoninya di Karawang, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Mobil konsep andalan Toyota Kijang Innova BEV konsep study diboyong ke IIMS Hybrid 2022.KOMPAS.com/Stanley Mobil konsep andalan Toyota Kijang Innova BEV konsep study diboyong ke IIMS Hybrid 2022.

Kala itu, seremoni diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Baca juga: IIMS Hybrid 2022 Jadi Momen Kebangkitan Industri Otomotif Nasional

Sementara dua mobil listrik baru sisanya, diperkirakan datang dari Chery, Toyota, atau Wuling.

Adapun pernyataan Airlangga ini, menegaskan perkataan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi pada dua pekan lalu.

Hyundai Ioniq 5, diklaim sebagai mobil listrik pertama buatan lokal Indonesia, meluncur resmi untuk konsumen di IIMS Hybrid 2022.KOMPAS.com/Donny Hyundai Ioniq 5, diklaim sebagai mobil listrik pertama buatan lokal Indonesia, meluncur resmi untuk konsumen di IIMS Hybrid 2022.

Saat itu, Nangoi menyebut bahwa dalam tahun ini akan ada tiga produk elektrik baru untuk sektor otomotif.

"Untuk mobil listirk baru pada tahun ini, saya rasa akan segera ada," kata dia.

"Minggu besok itu ada undangan pabrik mobil listrik dan produksi di sini. Lalu September 2022 mendatang, akan ada mobil listrik produksi dalam negeri lagi. Kemudian di Agustus yaitu di GIIAS 2022," lanjut Nangoi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com