Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda Wiper Mobil Harus Pensiun

Kompas.com - 30/03/2022, 11:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com— Wiper atau bilah penyeka kaca pada mobil perannya begitu penting, terutama saat musim hujan. Wiper akan membantu pengemudi melihat jalan dengan jelas ketika kaca mobil mengarungi guyuran hujan.

Akan tetapi, fungsi wiper mobil kian berkurang seiring penggunaan dan usia. Bila kinerja wiper telah menurun, maka wiper harus segera pensiun dan diganti dengan yang baru.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, ada tanda-tanda dari wiper mobil yang harus segera pensiun dan diganti dengan yang baru.

Baca juga: Federal Oil Banyak Digemari Gen Z di Tanah Air

“Karet menjadi kering dan tidak lentur lagi. Ini akan membuat fungsi wiper tidak maksimal saat membersihkan kaca,” kata Didi baru-baru ini pada Kompas.com.

Karena bahan wiper karet, panas kaca akibat terik matahari membuat wiper rentan getas.
Karet wiper sangatlah penting untuk menyapu air yang mengenai kaca mobil. Bila karet wiper kering dapat merusak kaca dengan membuat baret.

Headlamp wiper, fitur pada mobil lawasDok. Carbuzz Headlamp wiper, fitur pada mobil lawas

Tidak hanya itu saja, visibilitas pengemudi juga akan terganggu karena tidak bisa melihat jelas. Hal ini dikarenakan kemampuan wiper untuk menyapu air yang mengenai kaca mobil telah berkurang.

Alhasil, saat pengemudi melajukan mobil di tengah hujan akan sulit melihat jelas. Akan ada banyak potensi bahaya yang terjadi bila pengemudi mobil sulit melihat dengan jelas.

Baca juga: Atur Posisi Kaca Spion Mobil Agar Terhindar dari Blind Spot

“Disarankan apabila masuk musim hujan untuk mengganti wiper dengan yang baru sehingga dapat maksimal membersihkan kaca,” kata Didi.

Sekedar informasi, wiper tidak hanya berfungsi untuk membersihkan kaca mobil saat hujan, namun saat cuaca berkabut. Maka dari itu fungsinya amat penting sebagai penunjang keselamatan saat berkendara. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com