Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Dua Varian, Ini Bedanya Wuling New Cortez CE dan EX

Kompas.com - 25/03/2022, 18:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling baru saja meluncurkan produk barunya, yakni New Cortez pada Kamis (24/3/2022). Secara ubahan, memang paling banyak ada di bagian fitur yang bertambah, seperti Wuling Indonesian Command (Wind) dan IoV.

Selain itu, New Cortez ditawarkan dengan dua pilihan varian, yakni CE dan EX. Secara fitur, apa saja perbedaan dari kedua mobil yang dibanderol mulai Rp 270 jutaan ini?

Handi Ahmad, Product Planning Wuling Motors menjelaskan, baik New Cortez CE maupun EX pada dasarnya punya bentuk bodi yang sama. Begitu juga dengan bagian mesinnya yang 1.5 liter turbo dengan transmisi CVT.

Baca juga: Beda Fitur IoV dan WIND di Wuling New Cortez

Interior New CortezKompas.com/ApridaMegaNanda Interior New Cortez

"Perbedaan tampak di sektor suspensi belakang, untuk CE memakai semi independent suspension. Sedangkan untuk Cortez EX, sudah indpendent suspension," ucapnya pada acara Media Briefeing, Jumat (25/3/2022).

Beralih ke fitur keselamatan, baik varian CE maupun EX tidak terlalu banyak perbedaan. Fitur seperti ABS, EBD, BA, ESC, TCS, TPMS, Hill Hold Control, Electronic Parking Brake ada di kedua varian.

"Bedanya seperti seatbelt reminder untuk CE hanya tersedia di baris pertama. Untuk tipe EX sudah tersedia di semua baris. Kemudian untuk airbag, CE hanya ada dua sedangkan EX ada tambahan di bangku, jadi empat," kata dia.

Baca juga: Tegas, Ini 4 Syarat Pemerintah untuk Investasi Tesla di Indonesia

Begitu juga untuk parking sensor, tipe CE hanya ada di bagian belakang, sedangkan EX ada di depan juga. Selanjutnya adalah Fatigue Driving Warning cuma ada di varian EX.

Beralih ke bagian eksterior, ada beberapa komponen yang membedakan varian CE dan EX. Misalnya di bagian lampu, CE belum LED dengan fitur auto. Lampu belakang juga masih bohlam.

Untuk tipe EX, wiper sudah dipasangkan dengan sensor hujan, sedangkan CE tidak. Tipe CE juga tidak dilengkapi elemen krom di window line serta tidak ada sun roof.

Interior New Cortez Kompas.com/ApridaMegaNanda Interior New Cortez

Dari sisi interior, ada perbedaan pada sistem pengaturan AC yang belum otomatis untuk tipe CE. Selain itu penyetelan bangkunya juga masih belum elektrik dan tidak ada tempat penyimpanan sunglasses di tipe CE.

Selain itu juga tipe CE tidak dilengkapi lampu di bagian cup holder (atmosphere lamp) dan setir belum dilapisi bahan kulit. Kemudian MID yang ada di speedometer ukurannya lebih kecil serta jumlah speaker yang hanya empat.

Soal harga, Wuling New Cortez menjadi salah satu mobil yang mendapatkan bantuan subsidi PPnBM dari Wuling, sehingga harganya menjadi lebih murah.

New Cortez CE dibanderol Rp 273.800.000, sedangkan untuk tipe New Cortez EX dibanderol Rp 310.650.000.

Harga tersebut merupakan harga subsidi PPnBM Wuling. Sementara untuk harga normalnya, New Cortez CE dibanderol Rp 287.300.000, sedangkan untuk tipe New Cortez EX dibanderol Rp 325.650.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com