Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Hino RM 280, Jagoan Baru Hino Menuju Euro4

Kompas.com - 11/03/2022, 16:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Hino Motors Sales Indonesia belum lama ini memperkenalkan beberapa produk barunya yang sudah memenuhi standar emisi Euro4. Produk baru ini juga sebagai rangka menyambut kebijakan Euro4 untuk mesin diesel yang berlaku April 2022.

Hino sendiri merupakan salah satu merek pembuat sasis bus yang diperhitungkan di Indonesia. Bahkan salah satu produknya yakni RK 260 menjadi pemimpin penjualan sasis bus dengan GVW 16 ton berdasarkan data Gaikindo 2021.

Pada acara pengenalan produk, Hino merilis satu sasis baru, yakni RM 280. Sasis RM memang pernah hadir di Indonesia, yakni RM 380, sasis premium yang cuma ada dua unit dan keduanya milik PO Harapan Jaya.

Baca juga: Update Bus Hino RK 280, Apa Bedanya dengan Model Sebelumnya?

Sasis bus baru dari HinoDOK. PT HMSI Sasis bus baru dari Hino

Membahas sasis RM 280, mesin yang digunakan adalah J08E-WD dilengkapi dengan Exhaust Gas Recirculation (EGR), Diesel Oxidation Catalyst (DOC), dan sistem kontrol ECU.

Selain itu di bagian injektor punya ketahanan yang tinggi karena dilapisi dengan bahan DLC atau Diamond Like Coating.

Hasilnya, tenaga dari mesin baru ini meningkat, dari sebelumnya 260 PS kini menjadi 280 PS (276,1 TK) dan torsi 823 Nm dari sebelumnya yang cuma 745 Nm.

Kemudian untuk sasisnya, menggunakan model space frame, sehingga bagasi bisa tembus dari kanan ke kiri. Ini merupakan hal yang baru untuk sasis bus besar merek Hino, mungkin agar bisa menyangi merek lainnya yang sejak lama sudah pakai space frame.

Baca juga: Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Keunggulan dari sasis ini adalah penggunaan suspensi udara dengan model wide. Untuk para pesaingnya, model suspensi udara yang digunakan masih narrow, jadi ini bisa menjadi kelebihan dibanding model sasis lain.

Model suspensi udara tipe wide diklaim punya kestabilan sasis yang lebih baik dibanding narrow. Selain itu, model wide biasanya digunakan untuk bus-bus dengan dimensi yang tinggi, seperti MHD maupun SHD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com