Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Gampang Tangkis Aquaplaning pada Mobil

Kompas.com - 17/02/2022, 11:22 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fenomena aquaplaning kerap dihadapi oleh pengemudi kendaraan roda empat saat berkendara melalui permukaan jalan yang basah atau dengan genangan air.

Aquaplaning sendiri merupakan kondisi slip di mana roda melayang saat melalui genangan air dalam kecepatan tinggi.

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menjelaskan, ketinggian roda melayang saat mengalami aquaplaning bervarias tergantung dari seberapa cepat kendaraan tersebut melaju.

Baca juga: Saat Mengalami Aquaplaning Jangan Langsung Banting Setir

"Bisa saja satu sentimeter, atau kurang. Tergantung dengan kecepatan kendaraannya," ucap Jusri saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Jusri menjelaskan, cara untuk menghindari aquaplaning saat berkendara melalui permukaan jalan yang basah sebenarnya sangatlah sederhana. Yaitu, dengan menurunkan kecepatan kendaraan ketika banyak genangan air.

"Bagaimana menyikapinya? Begitu ada hujan, atau permukaannya basah, kecepatan kita harus turun. Sederhana bukan? Itu antisipasinya," kata Jusri.

Semakin cepat kendaraan dipacu, kemungkinan mobil mengalami aquaplaning akan lebih besar. Sehingga, mengurangi kecepatan saat berkendara melalui genangan air merupakan salah satu tindakan preventif yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya aquaplaning.

Berkendara di musim hujan bisa menjadi tantangan tersendiri, termasuk terjadinya aquaplaning.Chevrolet Indonesia Berkendara di musim hujan bisa menjadi tantangan tersendiri, termasuk terjadinya aquaplaning.

Selain itu, kualitas dan jenis ban yang dipakai juga berperan penting dalam mencegah terjadinya aquaplaning. Jusri menjelaskan, permukaan ban yang sudah mulai gundul dapat memperbesar dampak aquaplaning.

"Pengaruh permukaan ban yang gundul, grip atau alurnya sudah tipis, itu akan membuat impact aquaplaning semakin besar," kata Jusri.

Baca juga: 10 Mobil Terlaris pada Januari 2022, Mitsubishi Xpander Urutan Pertama

Dalam menghadapi aquaplaning, pemilihan pola telapak ban juga berperan penting. Dikutip dari Kompas.com, telapak ban bertipe directional atau satu arah yang umumnya bercorak seperti mata panah diyakini sebagai ban yang paling baik kemampuannya dalam memompa air keluar, dibanding ban berpola telapak symmetric maupun asymmetric.

Ban bertipe ini memiliki kemampuan untuk memompa air keluar dari bawah ban, saat ban dipakai melaju melalui jalan yang basah atau penuh dengan genangan air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com