Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Superbike Listrik Triumph TE-1 Siap Masuk Uji Coba

Kompas.com - 15/02/2022, 18:32 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

LONDON, KOMPAS.com - Triumph, mengabarkan sepeda motor listrik Triumph TE-1 masuk proses pengembangan akhir. Prototipe motor segera masuk tes setelah pengembangan tiga tahun.

Triumph TE-1 sendiri dikembangkan di pabrik Triumph berkerjasama dengan Williams Advanced Engineering (WAE), spesialis baterai dan modul motor listrik.

Baca juga: Konsep Big Wheels Bike, Yamaha XSR155 Pakai Ban Gendut

Produsen asal Inggris itu bertanggung jawab atas desain bodi, sedangkan WAE bertanggung jawab untuk pengembangan modul dan baterai berkinerja tinggi.

Desain prototype motor listrik Triumph TE-1Dok. Triumph Desain prototype motor listrik Triumph TE-1

Mengulik desain, Triumph TE-1 sedikit banyak masih mengambil desain saudaranya. Fasia depan terutama headlamps sedikit banyak terlihat mirip dengan Triumph Triple.

Sedangkan WAE mengembangkan baterai. Perusahaan juga bertanggung jawab terhadap efek pusat gravitasi mobil serta pendinginan komponen elektrik.

Dyrr Ardash mengatakan, Kepala Kemitraan Strategis WAE, mengatakan, setelah periode pengujian yang lama pihaknya sangat senang akhirnya melihat pekerjaannya hampir tuntas.

Baca juga: Ketika Yamaha Fazzio Hybrid Disulap Jadi Kado Valentine...

Sasis prototype motor listrik Triumph TE-1Dok. Triumph Sasis prototype motor listrik Triumph TE-1

Triumph TE-1 menggunakan powertrain Inverter Terintegrasi, yang mencakup motor listrik. Berat totalnya hanya 10 kg dan mampu berakselerasi hingga mencapai 174,3 tk dalam waktu singkat.

Disebutkan tenaga maksimum periodiknya mencapai 120,7 tk di mana sistem Integrated Inverter memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan tenaga lebih dari 670 tk.

Proyek TE-1 didanai Departemen Perhubungan untuk Kendaraan Tanpa Emisi Inggris. Pengujian diharapkan akan selesai 2022, dan penjualan resmi diharapkan mengentak pada 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com