Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merawat Sliding Door Mobil Supaya Awet

Kompas.com - 12/02/2022, 15:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil keluarga dengan pintu geser atau sliding door kini masih menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat karena terkesan unik, mewah, sekaligus membuat dimensi kabin semakin luas.

Sebab, pintu geser memberikan sejumlah kemudahan seperti bagi anak-anak dan lansia untuk masuk dan keluar kabin. Selain itu, jika mobil diparkirkan di lokasi yang sempit, pintu tetap bisa dibuka dengan mudah.

Karena mekanismenya yang berbeda dengan pintu mobil berengsel pada umumnya, ada sejumlah komponen pada pintu geser yang wajib diperhatikan agar tidak mudah rusak.

Baca juga: Ketahui Bahaya Membonceng Anak Kecil di Sepeda Motor

Pintu geser memudahkan masuk kabinACE-Dimas Pintu geser memudahkan masuk kabin

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, menjelaskan bahwa perawatan pintu geser tidak sulit. Namun pemilik mobil perlu konsisten dalam merawatnya agar tetap awet dan optimal digunakan.

"Paling utama hindari buka-tutup pintu saat mesin mati. Karena, pada pintu geser yang menggunakan sistem elektrik, ketika mesin mati akan mengurangi daya pada aki," kata Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kemudian, jangan mempercepat gerakan pintu baik saat ditutup maupun dibuka. Biarkan saja sistem kerja elektrik berkerja agar sistem elektriknya tidak cepat rusak.

Baca juga: Kesalahan Pengendara Motor Ketika Mengerem dan Bahayanya

Power sliding door kini juga ada di sisi kanan untuk tipe Royale.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Power sliding door kini juga ada di sisi kanan untuk tipe Royale.

Perawatan lainnya bisa dilakukan dengan memastikan leher dalam kondisi baik. Jika leher sudah mengeluarkan suara, maka segera lakukan perawatan dengan memberikan pelumas agar lebih licin.

Kemudian, bersihkan area rel pintu secara berkala sehingga tidak ada kotoran yang menyumbat pergeseran pintunya. Setelah dibersihkan, olesi area rel dengan menggunakan pelumas pasta yang mengandung parafin.

Didi mengingatkan agar tidak menggunakan pelumas berupa cairan yang mengandung oli. Sebab oli akan memudahkan debu dan kotoran untuk menempel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com