Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tikungan Sirkuit Mandalika yang Bakal Dipakai Pebalap untuk Menyalip

Kompas.com - 10/02/2022, 17:51 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir pekan ini, para pebalap MotoGP akan melakukan sesi tes pra-musim di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada 11-13 Februari 2022. Sebulan setelahnya, seri kedua MotoGP 2022 akan digelar kembali di sirkuit tersebut.

Para pebalap MotoGP baru akan berkenalan dengan Sirkuit Mandalika menggunakan motor balapnya masing-masing pada sesi tes pra-musim. Sirkuit yang baru masuk dalam kalender MotoGP 2022 ini akan menjadi tuan rumah hingga 2024.

Baca juga: MotoGP di Mandalika Resmi Pakai Nama Pertamina Grand Prix of Indonesia

Sebelumnya, Pertamina Mandalika International Street Circuit sudah digunakan untuk menggelar final World Superbike (WorldSBK) 2021. Gelaran tersebut dinyatakan sukses, meski sempat diwarnai hujan deras.

Inilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022)FITRI R Inilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022)

Sirkuit Mandalika sendiri memiliki 17 tikungan, dengan 11 tikungan ke kanan dan 6 tikungan ke kiri. Panjang keseluruhan sirkuit ini mencapai 4,3 km dengan lebar lintasan 15 meter. Untuk trek lurusnya, jaraknya mencapai 507 meter.

Tak sedikit pebalap yang menyanjung Sirkuit Mandalika. Termasuk mantan pebalap MotoGP, Scott Redding, yang musim lalu bergabung dengan tim pabrikan Ducati di WorldSBK.

Baca juga: Panasnya Indonesia, Komentar Pebalap MotoGP Usai Lari dan Bersepeda di Trek Mandalika

Redding mengatakan, ada beberapa titik yang diyakini akan menjadi zona untuk menyalip. Menurutnya, ada celah di tikungan pertama, mungkin juga di tikungan kedua.

Pertamina Mandalika International Street Circuit  di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 8 November 2021.   [PERTAMINA/ENERGIA/Andrianto Abdurrahman; AND2021110825]Dok. Pertamina Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 8 November 2021. [PERTAMINA/ENERGIA/Andrianto Abdurrahman; AND2021110825]

"Setelah itu, masuk ke tikungan 9, saya lihat tidak ada kesempatan, begitu pula di tikungan 10," ujar Redding, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (10/2/2022).

"Anda bisa kembali mencoba pada dua tikungan terakhir, tapi itu berisiko di sana. Jadi, Anda harus memulai balapan dengan baik," kata Redding.

Sirkuit Mandalika termasuk dalam sirkuit yang memiliki karakter cepat. Juara dunia WorldSBK 2021 Toprak Razgatlioglu memiliki kecepatan rata-rata hingga 166,6 kilometer per jam saat meraih pole position dengan ban kualifikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com