Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Pasang Target Jual Lebih dari 1.000 Mobil Listrik pada 2022

Kompas.com - 01/02/2022, 08:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menjadi salah satu pionir dalam menjual mobil listrik berbasis baterai di Indonesia. Dua produk unggulan Hyundai untuk mobil listrik adalah Kona Electric dan Ioniq.

Dibanderol Rp 600 juta sampai Rp 700 jutaan, populasi Ioniq dan Kona Electric mulai ramai terlihat di jalan raya. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di mana kendaraan listrik masih sangat jarang terlihat.

Erwin Djajadiputra, Direktur Penjualan PT HMID, mengatakan, selama 2021 hingga Januari 2022, sudah ada sekitar 800 unit kendaraan listrik Hyundai yang terjual, baik Kona Electric maupun Ioniq.

Baca juga: Hyundai Klaim Sudah Buka 100 Diler Sejak Desember 2021

Ilustrasi mobil listrik IONIQ 5hyundaimotorgroup.com Ilustrasi mobil listrik IONIQ 5

Selain itu, kendaraan listrik Hyundai juga mulai digunakan sebagai fleet. Dari 800-an unit yang terjual, pembagiannya antara fleet dan pribadi ada di antara 40 banding 60.

“Fleet lumayan banyak, kalau kita lihat 40 banding 60. 40 itu fleet dan 60 itu masih private atau pribadi,” ucap Erwin saat acara peresmian diler Hyundai Mampang belum lama ini.

Erwin mengungkapkan, mobil listrik mulai dilirik sebagai kendaraan fleet karena berbagai kebijakan yang mendukungnya. Selain itu, pengadaan pemerintah pun banyak untuk mobil listrik, tetapi saat ini memang terhambat pandemi.

Baca juga: Alasan Kenapa Mobil Baru dari Diler Tidak Diisi BBM Penuh

“Karena kemarin pandemi, alokasi bujet jadi terfokus ke yang lain dulu. Sehingga, kubutuhan mobil listrik pemerintah baru tahun ini bisa,” kata Erwin.

Ketika ditanya, Erwin percaya diri bahwa Hyundai akan menjual lebih dari 1.000 unit mobil listrik pada 2022. Apalagi, sudah ada pabrik Hyundai di Cikarang yang kabarnya bakal memproduksi mobil listrik Ioniq 5.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com