Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirkuit Mandalika Fokus Berbenah Jelang MotoGP 2022

Kompas.com - 22/12/2021, 14:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka menyambut event balapan MotoGP dan World Superbike 2022, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) fokus meningkatkan kelengkapan penyelenggaraan balapan, serta sarana dan prasarana pendukung Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Peningkatan kelengkapan penyelenggaraan balapan di Pertamina Mandalika International Street Circuit diperlukan khususnya untuk memenuhi syarat homologasi penyelenggaraan event MotoGP.

Syarat dan ketentuan dalam penilaian homologasi tersebut berdasarkan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) Guidlines di antaranya adalah alat pelindung tambahan, marka lintasan, daerah ambang, lapisan kerikil, pembatas ban, rambu belok, lampu start, sumbu pit lane, grid start, tiang bendera marshal, panel lampu dan perlengkapannya, lintasan pos dan peralatan marshal, pemeliharaan trek, sistem saluran air serta zona penalti.

Baca juga: Rencana Produksi dan Ekspor Kendaraan Listrik Toyota Indonesia

“Saat ini, kami fokus melengkapi kelengkapan penyelenggaraan balapan dan fasilitas pendukung sirkuit guna memenuhi prasyarat penyelenggaraan balap motor yang akan berlangsung di The Mandalika tahun depan yaitu MotoGP dan WSBK,” ucap Vice CEO MGPA Cahyadi Wanda, Rabu (22/12/2021).

Cahyadi menambahkan, pihaknya optimistis bahwa semua prasyarat dapat terpenuhi dan lolos homologasi sebelum balapan MotoGP berlangsung.

Cuaca jelang WSBK Mandalika, Minggu (21/11/2021) pukul 10:00 WITA di Sirkuit MandalikaKOMPAS.com/Mochamad Sadheli Cuaca jelang WSBK Mandalika, Minggu (21/11/2021) pukul 10:00 WITA di Sirkuit Mandalika

Seperti diketahui, Dorna Sports yang telah menetapkan pelaksanaan MotoGP di Indonesia pada 18-20 Maret 2022 dan WSBK pada 11-13 November 2022.

Hal ini merupakan bukti kepercayaan Dorna Sports atas kesiapan Sirkuit Mandalika dalam menggelar event balap motor berkelas dunia.

Saat ini, ITDC tengah menyiapkan perbaikan akses keluar masuk kendaraan, pedestrian dan saluran drainase di sekitar Sirkuit, penataan landscape serta menyelesaikan pembangunan Pit Building (non modular part).

Baca juga: Empat Kondisi yang Bisa Bikin Kompresi Mesin Ngempos

Di samping itu juga akan dibangun tambahan grand stand di 11 titik yang mengelilingi sirkuit untuk kenyamanan penonton.

Penambahan grand stand ini diperlukan sebagai antisipasi jumlah penonton MotoGP yang diperkirakan akan lebih banyak daripada WSBK. Seluruh pekerjaan ini ditargetkan akan selesai pada awal Maret 2022.

Guna memenuhi kelengkapan ini, ITDC Group telah berkoordinasi secara intensif dengan sejumlah pihak yaitu Ikatan Motor Indonesia (IMI), Dorna Sports dan (FIM).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com