Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal GSEV, Platform Mobil Listrik Mungil Andalan Wuling

Kompas.com - 18/11/2021, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) memperkenalkan platform atas kendaraan bermotor listrik Global Small Electric Vehicle (GSEV) pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Menariknya, platform yang diciptakan dan dipasarkan dengan memadukan beragam pilar untuk menghadirkan mobilitas modern ini akan dibenamkan pada mobil listrik massal yang diluncurkan tahun depan.

“Memperkenalkan platform GSEV merupakan langkah berikutnya dalam persiapan Wuling untuk ikut serta di kancah pasar mobil listrik di Indonesia," kata Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, Rabu (17/11/2021).

Baca juga: Era Kendaraan Listrik Sudah di Depan Mata

Wuling GSEV di GIIAS 2021Kompas.com/Donny Wuling GSEV di GIIAS 2021

"Kami berharap pengenalan platform ini dapat memberikan gambaran lebih jelas lini produk EV Wuling yang akan dipasarkan di Tanah Air pada tahun depan," lanjut dia.

Ia mengatakan, basis GSEV sendiri telah mendapatkan respons yang baik di pasar Tiongkok dan memiliki beragam lini produk, seperti Mini EV. Mobil ini sudah pernah dijajal oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Saat ini, Wuling memiliki beberapa produk berbasis GSEV yang telah terjual lebih dari 650.000 unit di Tiongkok. Secara umum, kendaraan terkait punya dua aspek yang diunggulkan.

Aspek pertama dari GSEV adalah dimensi kompak dan nyaman. Berkat ukurannya yang kecil, platform GSEV menjadi mudah untuk parkir. Akan tetapi hal itu tidak mengurangi kelegaan kabin yang disajikan.

Tercatat ada dua konfigurasi bangku yang bisa diaplikasikan yakni dua bangku ataupun empat bangku..

Baca juga: Diskusi Jokowi dengan Produsen Mobil Jepang, Bahas Green Economy

Wuling GSEV di GIIAS 2021Kompas.com/Donny Wuling GSEV di GIIAS 2021

Aspek keduanya ialah cocok untuk pengunaan sehari hari. Platform ini turut mengedepankan kemudahan dalam pemakaiannya yang dibuktikan dengan kemampuan jarak tempuh mulai dari 120 km sampai dengan 300 km.

"Berbagai fitur pintar juga melengkapi platform ini seperti Internet of Vehicle (IoV), ADAS, Automatic Parking, hingga fitur Multimedia dengan dukungan Voice Command," kata Danang

Sementara pada aspek keselamatan berkendara, GSEV didukung rangka baja pada bodi yang kuat dan kantung udara. Selain itu, baterai GSEV dijamin keamanannya melalui pengujian ketahanan tinggi, berstandar IP68 waterproof dan dilengkapi Smart Battery Management System.

Wuling sendiri telah memiliki standarisasi komponen utama khusus untuk platform GSEV yang terdiri dari desain sistem dan sel baterai, motor listrik, dan sistem control electronic.

Baca juga: Spesifikasi Minicab MiEV, Mobil Listrik Mungil yang Dicoba Jokowi

Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar PanjaitanWuling Motors Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan

Adapun komponen utama pada GSEV ini dapat disesuaikan dengan profil dan preferensi konsumen yang beragam di pasar kendaraan listrik secara global.

Sejak dikenalkan pada 2017, mobil yang sudah disematkan platform GSEV ialah E100, E200, Hongguang Mini EV, Hongguang Mini EV Macaron, KiWi EV, hingga Nano EV.

"Di Indonesia, platform GSEV memiliki potensi di segmen kendaraan listrik. Kami melihat kebiasaan berkendara di sini dilakukan untuk kebutuhan komuter dengan jarak yang relatif tidak jauh dan berkendara dengan maksimal empat penumpang," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com