Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain HiAce, Motorhome Juga Bisa Dibuat dari Sasis Truk

Kompas.com - 26/08/2021, 17:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Tren motorhome memang sedang ramai saat ini. Orang memilih untuk berwisata dengan motorhome karena tidak perlu keluar dari mobil, karena di kabinnya sudah tersedia kasur dan toilet.

Mobil yang biasa digunakan sebagai motorhome adalah Toyota HiAce. Mobil ini memiliki ukuran yang kompak, sehingga masih cocok digunakan di jalanan Indonesia yang relatif sempit.

Namun jika mau melakukan beberapa ubahan, motorhome dengan basis sasis truk empat roda juga bisa menjadi alternatif. Sasis yang bisa digunakan seperti Isuzu NLR 55 TLX atau Mitsubishi FE 71 L.

Baca juga: Tantang Rocky dan Raize, Renault Kiger Mengaspal Jumat Ini

sasis untuk RVKompas.com/Fathan Radityasani sasis untuk RV

Winston Wiyanta, Managing Director karoseri Delima Jaya mengatakan, secara ukuran memang masih lebih besar dibanding HiAce, namun masih ideal digunakan di jalanan Indonesia.

“Pembuatan motorhome dari sasis truk roda empat menyesuaikan dengan jalan yang ada di Indonesia. Bentuknya dibuat jangan terlalu panjang dan lebar, agar masih bisa masuk ke jalan-jalan kecil,” ucap Winston kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Lampu Lalu Lintas Menyala Hijau, Jangan Main Tancap Gas

Selain itu, biaya membuat motorhome dari sasis truk empat roda ini juga lumayan ekonomis. Namun memang, biaya pembuatannya akan menyesuaikan kembali dengan permintaan dari customer, semakin banyak, bisa semakin mahal.

“Harga sasisnya berkisar di Rp 295 juta, untuk pembuatan karoseri dan modifikasi berkisar dari Rp 175 juta – Rp 255 juta. Rentang harga yang jauh tergantung dari kebutuhan pembeli dengan barang-barang yang digunakan di RV nya,” ucap Winston.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com