Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPKM Level 3, Kabupaten Ciamis Terapkan Ganjil Genap

Kompas.com - 23/08/2021, 16:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

CIAMIS, KOMPAS.com - Untuk membatasi mobilitas masyarakat selama masa Pemberlakuaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, beberapa daerah memberlakukan ganjil genap di beberapa ruas jalan protokol.

Salah satu daerah yang menerapkan ganjil genap selama masa PPKM yakni Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Satlantas Polres Ciamis menerapkan ganjil genap di sejumlah ruas jalan protokol Ciamis.

Baca juga: Pilihan Sedan Bekas Rp 50 Jutaan di Semarang, Jawa Tengah

Kebijakan ganjil senap ini sebelumnya sudah muali diuji coba dan disosialisasikan sejak Jumat (20/8/2021).

Ada dua titik lokasi penerapan ganjil genap, yakni di Gapura Selamat Datang Ciamis atau simpang pahlawan, akses masuk kendaraan dari arah Bandung menuju Jawa Tengah. Kendaraan ganjil masuk ke Jalan Jendral Sudirman dan yang nomor genap masuk ke Jalan Lingkar Selatan atau Oto Iskandar Dinata.

Petugas memberhentikan seorang pengendara sepeda motor yang berplat genap, saat uji coba ganjil - genap di Jalan Tuparev, Cirebon Jumat (13/8/2021). Petugas meminta pengendara putar arah dan tidak boleh masuk ke Kota Cirebon.KOMPAS.COM/MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Petugas memberhentikan seorang pengendara sepeda motor yang berplat genap, saat uji coba ganjil - genap di Jalan Tuparev, Cirebon Jumat (13/8/2021). Petugas meminta pengendara putar arah dan tidak boleh masuk ke Kota Cirebon.

Sedangkan kendaraan dari arah Jawa Tengah disekat di Simpang Kodim, ada kendaraan yang lurus ke Jalan Ahmad Yani menuju pusat kota. Sebagian kendaraan dialihkan ke Jalan Iwa Kusuma Somantri.

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat Untuk Melakukan Rotasi Ban Mobil

“Kami berlakukan sistem ganjil genap kendaraan yang masuk ke kawasan perkotaan Ciamis. Tujuannya untuk membatasi kendaraan pada masa PPKM level 3,” ujar Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Zanuar Cahyo Wibowo, dalam keterangan resmi, Senin (23/8/2021).

Untuk menjaga perbatasan dan ruas jalan yang diberlakukan ganjil genap, petugas dari Satlantas Polres Ciamis dan Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis telah disiapkan untuk bersiaga dan mengatur lalu lintas di dua titik lokasi tersebut.

Ilustrasi sistem ganjil genap kendaraan.KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Ilustrasi sistem ganjil genap kendaraan.

Dengan adanya penerapan ganjil genap di Ciamis, Zanuar berharap tingkat mbilitas masyarakat dapat ditekan sehingga persebaran virus Covid-19 di Kabupaten Ciamis dapat dicegah.

Baca juga: Polisi Berencana Kurangi Ruas Jalan yang Terkena Ganjil Genap

“Dengan ganjil genap ini harapannya dapat menurunkan mobilitas masyarakat, kendaraan terbagi sehingga tidak ada kepadatan kendaraan. Sekaligus dapat menekan penyebaran virus Corona,” ucap dia.

Rencananya, pemberlakuan ganjil genap ini akan dirotasi seminggu sekali. Antara ganjil yang langsung masuk ke jalan utama dan yang genap dialihkan begitu pun sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com