Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2021, 11:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Lewat program Yard Built Indonesia, Yamaha ingin menunjukkan bahwa Yamaha XSR 155 merupakan motor yang mudah dimodifikasi sesuai selera.

Banyak builder ternama Tanah Air yang diajak kerjasama. Salah satunya ialah Yasashii Garage, workshop asal Bandung, Jawa Barat, yang memperkenalkan XSR 155 Futuristic Scrambler.

Sesuai namanya, konsepnya ialah scrambler masa kini alias modern. Garis desainnya tegas dengan sudut tajam, berbanding terbalik dengan tampilan scrambler klasik.

Baca juga: Yamaha XSR 155 Cafe Racer Apik Karya Glanets Radical Kustom

"Saya ambil konsep yaitu futuristik scrambler. Saya ingin mengangkat scrambler ini untuk urban, di mana scrambler jauh dari konsep yang biasa orang bikin," kata Franky Mory sang builder, di Bandung, akhir pekan lalu.

Yamaha XSR 155 Futuristic Scrambler, kreasi Yasashii GarageFoto: Yamaha Yamaha XSR 155 Futuristic Scrambler, kreasi Yasashii Garage

Franky mengatakan bahwa motor ini merupakan scrambler yang nyaman buat perkotaan. Menyasar anak muda khususnya yang ingin mengenal dunia kustom lebih jauh.

Menariknya untuk membuat XSR 155 Futuristic Scrambler ini, Franky tidak mengubah sasis asli motor. Semuanya tetap standar alias utuh bawaan pabrik.

"Sektor rangka tidak saya sentuh sekalipun. Jadi kalau (bodi) dibuka ini masih menggunakan originalnya. Tidak dipotong sedikitpun," katanya.

Untuk bodi Franky menggunakan bahan pelat alumunium tebal 3mm. Bodinya dibuat dengan sistem unibody alias menyatu antara satu sama lain.

Baca juga: Sering Terjadi Kecelakaan, Perlunya Kontrol Emosi di Perempatan Jalan

Franky Mory builder Yasashii GarageFoto: Yamaha Franky Mory builder Yasashii Garage

"Bodi menggunakan unibody ialah bodi kesatuan, di mana kalau kita angkat dari tangki sampai belakang akan terangkat. Jadi praktis. Semua material menggunakan bahan alumunium," katanya.

Karena tidak ada potong bodi, sepatbor belakang juga masih original. Selain itu Franky juga mempertahankan kelistrikan serta setang orisinal. 

"Saya ingin mempertahankan ciri XSR 155," katanya.

Suspensi depan juga dipertahankan. Tapi dibuatkan penutup yang selaras dengan bentuk bodi keseluruhan. Sebagai pemanis, knalpotnya model underbelly tapi pakai katalis standar.

"Agar lolos standar knalpot yang ada di Indonesia, suaranya sangat ramah karena masih pakai katalis bawaan standar, jadi regulasinya masih aman nenurut saya," katanya.

Baca juga: Berapa Biaya Perawatan XL7 hingga 100.000 Km

Franky Mory builder Yasashii GarageFoto: Yamaha Franky Mory builder Yasashii Garage

Bagian menarik lainnya ialah suspensi belakang. Frangky menggusur lengan ayun standar model pisang. Suspensi monoshok kini terletak di lengan ayun sebelah kanan.

"Biar nilai kustomnya lebih tinggi saya ubah dengan menggunakan sistem suspensi floating suspension," kata Franky.

"Sistem suspensi ini pernah diperkenalkan di Eropa. Sudah ada builder yang mematangkan konsep ini, saya terinpsirasi karena cukup jarang di Indonesia. Sebab cukup ribet," katanya.

Terakhir sebagian bodi dilabur warna biru. Sengaja hanya sebagian sebab tetap ingin menonjolkan material alumuium yang diusung sebagai aksen.

"Pemilihan warna biru karena saya lihat karakter kuat di merek Yamaha yaitu warna biru," kata Franky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com