Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur ADAS pada Wuling Almaz RS Bukan Berarti Pengemudi Boleh Tidur

Kompas.com - 08/04/2021, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Almaz RS resmi meluncur dengan sederetan fitur yang canggih. Salah satunya adalah teknologi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang mencakup Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Dengan fitur ADAS, ada beberapa fitur canggih lainnya yang terintegrasi, seperti Adaptive Cruise Control (ACC), Inteligent Cruise Assistance (ICA), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Baca juga: Adu Fitur Wuling Almaz RS dan Honda CR-V, Mana yang Lebih Unggul?

Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko, mengatakan, sesuai namanya, ADAS itu sistem bantuan pengemudi (driver assistance).

Wuling Almaz RSAditya Maulana - KOMPAS.com Wuling Almaz RS

"Fitur WISE di Almaz RS haruslah digunakan secara bijak dan bertanggung jawab. Setiap pengguna produk ini hendaknya memahami prosedur dan batasan pengoperasian WISE sebelum berkendara dengan menggunakan buku manual sebagai referensinya," ujar Danang, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Danang menambahkan, teknologi ini disajikan untuk memberikan kemudahan lebih dalam berkendara. Namun, pengemudi tetap harus tetap konsentrasi, mengawasi, dan mengontrol kendaraannya setiap saat.

Baca juga: Impresi Perdana Jajal Teknologi Pintar di Wuling Almaz RS

"Jadi, kata kuncinya adalah bantuan pengemudi, bukan pengganti pengemudi," kata Danang.

Jadi, meskipun Almaz RS sudah disematkan beragam fitur canggih yang pintar, pengemudi tidak boleh terlena dengan sengaja tidur di perjalanan. Pengemudi tetap harus konsentrasi dan fokus pada jalanan dan kondisi sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com