Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Doha 2021: Quartararo Juara, Rusak Pesta Ducati

Kompas.com - 05/04/2021, 00:43 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Monster Yamaha Fabio Quartararo menjadi yang tercepat di GP Doha, Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (4/4/2021). Quartararo merusak rencana pesta Ducati yang sempat mendominasi jalannya balapan dengan menempatkan tiga pebalap di deretan depan.

Finis di belakang Quartararo, ada pebalap Pramac Ducati Johann Zarco dan pemilik pole position, Jorge Martin, mampu mengamankan podium ketiga.

Sedangkan pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, ada di posisi keempat. Menutup lima besar, ada juara seri lalu, Maverick Vinales.

Dengan demikian, tim Monster Yamaha menobatkan diri sebagai penguasa Sirkuit Losail, setelah pada dua seri pembuka musim ini menempatkan dua pebalapnya sebagai yang tercepat.

Baca juga: Hasil Moto2 GP Doha, Sam Lowes Juara Lagi, Mas Bo Posisi 12

Jalannya balapan

Jalannya MotoGP Doha 2021 memberikan persaingan yang sengit di barisan depan. Persaingan yang ditunjukkan pekan ini tidak sama seperti seri pertama yang digelar pekan lalu.

Pada seri kedua MotoGP 2021 ini, semua pebalap menggunakan ban belakang soft asymmetric.

Sementara untuk ban depan, rata-rata menggunakan tipe soft. Hanya Danilo Petrucci, Iker Lecuona, dan Miguel Oliveira yang menggunakan ban depan tipe medium asymmetric.

Balapan kali ini diawali dengan Jorge Martin yang start dari pole position. Selepas start, Martin terus memimpin hingga tikungan pertama berkat holeshot device, sampai melewati satu putaran.

Pebalap rookie tersebut diikuti oleh Johann Zarco tepat di belakangnya. Aleix Espargaro bergabung melengkapi tiga besar pada lap pertama.

Pada lap pertama, duo pebalap Suzuki berhasil memperbaiki posisi. Alex Rins di posisi keempat. Miguel Oliveira yang start dari posisi ke-12 bertahan di posisi kelima selama beberapa lap. Dua lap berlalu, Rins berhasil menggeser posisi Aleix.

Tak mau buang waktu, Rins juga terus melancarkan serangan pada Zarco dan berhasil menyalipnya pada lap berikutnya. Namun, Zarco tak menyerahkan posisinya begitu saja dan berhasil merebutnya kembali.

Rekan setim Rins, Joan Mir, juga tampil kompetitif dengan berada di posisi kelima setelah menyalip Oliveira. Pebalap tim pabrikan KTM tersebut terus merosot ke posisi ke-10 setelah dilewati oleh duo pebalap pabrikan Ducati dan Yamaha.

Di lap-lap awal, Maverick Vinales yang merupakan pemenang seri pertama langsung tercecer ke posisi ke-11.

Saat balapan tersisa 15 lap, Francesco Bagnaia berhasil memperbaiki posisinya dan sudah berada di urutan kelima.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com